Tips Supaya Tidak Stres di Tengah PSBB Jakarta

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 25 September 2020 09:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 25 196 2283447 ini-tips-supaya-tidak-stres-di-tengah-psbb-jakarta-EnisP0jCoP.jpg Ilustrasi PSBB Jakarta. (Foto: Dok Okezone/Arif Julianto)

PEMBATASAN sosial berskala besar (PSBB) total di DKI Jakarta kembali diperpanjang. Kali ini perpanjangan dilakukan hingga 11 Oktober 2020. Alasannya karena angka kasus virus corona (covid-19) masih tinggi di Ibu Kota.

Kondisi diperpanjangnya PSBB total membuat banyak warga Jakarta memilih kembali menjalani protokol kesehatan secara ketat seperti awal dahulu. Salah satunya lebih banyak di rumah saja.

Situasi ini ternyata memaksa orang-orang mengalami perubahan aktivitas. Akibatnya, mereka rentan stres menghadapi hal itu. Nah, supaya mood baik tetap terjaga, langkah apa saja sih yang bisa dilakukan?

Baca juga: 4 Cara Mengatasi Kesedihan Akibat Kehilangan Orang yang Dicintai 

Psikolog klinis ternama Ratih Ibrahim SPsi MM menerangkan langkah pertama yang harus dilakukan adalah melihat potensi konflik. Jika melihat memang ada potensi besar untuk terjadinya konflik, maka cara terbaik yang bisa kita lakukan adalah menghindari potensi masalah tersebut. Mengambil jarak menjadi penting untuk melindungi diri sendiri agar tidak ikut "keracunan".

"Energi positif itu menular sama kayak virus, tapi yang negatif menularnya lebih ngeri. Jadi artinya ayo bikin diri kita ini jadi bakteri baik yang punya energi positif. Kalau kemudian ada potensi konflik, dihindari dulu," jelasnya dalam tayangan live Okezone Stories.

Sebab situasi seperti ini, menurut Ratih, bukan soal siapa salah siapa benar, siapa yang kalah siapa menang. Tapi ini soal menjaga agar keluarga supaya adem.

Baca juga: Sering Overthinking, Yuk Atasi dengan Cara Ini 

Sebagai yang lebih stabil secara pikiran psikis, jika yang dialami oleh anggota keluarga di rumah adalah stres ringan, sebetulnya Anda tak perlu panik. Sebab begitu banyak cara sederhana yang bisa dilakoni agar mood perasaan tetap terjaga.

"Ajak keluarga yang lagi stres ini supaya rileks. Kalau ada alat musik di rumah ajak main musik bareng. Enggak ada, coba ajak nyanyi acapela it’s ok fals yang penting jadi fun. Sehingga yang lagi stres ini bisa ikut merasa gembira, nah stresnya jadi kurang," tambahnya.

Cara yang sama bisa juga diterapkan kepada orangtua di rumah dengan anak yang masih kecil. Anak kecil mudah merasa bosan di rumah, karena jenuh ingin bermain di luar rumah.

Inilah mengapa orangtua atau anggota keluarga lainnya, yang ada di rumah disarankan untuk mengajak anak banyak melakukan aktivitas sederhana, tapi seru di rumah.

Baca juga: Anak Terlalu Sering Main Gadget? Orangtua Perlu Perhatikan 3 Hal Ini 

Ratih mengatakan, banyak kegiatan yang bisa dilakukan, misalnya mengajak anak main bareng permainan mencari harta karun, masak bersama-sama, tidur siang bersama, pijat-pijatan sama anak, atau aktivitas sederhana lainnya.

"Tujuannya supaya gembira lagi. Banyak aktivitas sederhana yang seru menyenangkan, kitanya enggak sempat stres, karena melakukan banyak hal," pungkasnya.

Baca juga: 5 Cara Menghadapi Orang yang Sedang Marah, Dicoba Yuk 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini