6 Tips Mendidik Anak agar Mandiri Sejak Usia Dini

Felix Refialdo Handono, Jurnalis · Jum'at 25 September 2020 15:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 25 196 2283709 6-tips-mendidik-anak-agar-mandiri-sejak-usia-dini-jjZOQPgHMs.jpeg Ilustrasi (Foto: Entrepreneur)

Orangtua memiliki peranan penting dalam proses pembentukan kepribadian seorang anak. Hal ini berguna untuk masa depan anak itu sendiri. Semua orangtua pasti ingin melindungi anak-anak mereka tetapi jika hal itu berlebihan, Anda adalah termasuk orangtua yang terlalu protektif. Menjadi orangtua yang terlalu protekti dapat menghalangi anak Anda bertumbuh menjadi orang yang mandiri.

Orangtua yang terlalu protektif juga akan membuat anak semakin dimanjakan, membuat segala sesuatu menjadi mudah untuk sang anak sehingga anak tersebut tidak menghadapi banyak kesulitan di dalam hidupnya.

Dengan menjadi orangtua yang terlalu protektif, secara tidak sadar Anda telah menghentikan proses pembentukan karakter anak Anda untuk dapat mandiri dalam melakukan segala sesuatu. Seperti dikutip dari Boldsky, berikut beberapa tips untuk menjadikan anak mandiri sejak dini.

1. Berikan anak Anda tanggungjawab

Dengan memberikan anak Anda tanggung jawab di usia muda, ini akan membuat mereka lebih bertanggung jawab terhadap pekerjaan mereka dan membantu mereka menjadi lebih sukses di pendidikan dan dalam kehidupan mereka.

Seperti contoh mulailah memberi anak Anda beberapa pekerjaan rumah tangga yang sesuai dengan kemampuan anak Anda. Dengan memberikan tanggung jawab kepada anak, Anda juga membantu anak dalam meningkatkan kepercayaan diri mereka.

2. Latihlah anak Anda dalam membuat keputusan

Anda harus membiarkan anak Anda membuat keputusan sendiri dalam hal-hal kecil. Saat anak diberi kebebasan untuk membuat keputusan sendiri, mereka belajar membuat pilihan, dan ini membuat mereka mandiri dalam mengambil keputusan.

3. Biarkan mereka mengerjakan pekerjaan rumah sendiri

Anda tidak boleh terlalu sering memberi tahu anak-anak Anda tugas sekolah apa yang harus mereka lakukan dan kapan. Anda harus membiasakan mereka membuat jadwal waktu yang mencakup mengerjakan pekerjaan rumah mereka sendiri dan belajar.

Dengan menciptakan kebiasaan kerja yang tepat waktu akan membuat anak Anda belajar bagaimana menangani tanggung jawab mereka sendiri secara mandiri dan tidak bergantung pada orangtua.

 Orangtua memiliki peranan penting dalam proses pembentukan kepribadian seorang anak.

Baca juga: Studi Ungkap Mesin Pengering Tangan Bisa Menyebarkan Bakteri

4. Biarkan mereka membuat kesalahan

Biarkan mereka melakukan kesalahan sehingga mereka dapat belajar dan tidak mengulangi kesalahan yang sama lagi. Jika anak Anda melakukan kesalahan, jangan memarahinya, tetapi katakan di mana kesalahan mereka dan bagaimana mereka dapat melakukannya dengan lebih baik di lain waktu.

5. Ajari mereka dalam memecahkan masalah

Jika terjadi suatu masalah dalam kehidupan anak Anda, latihlah mereka dalam mencari akar masalah dan mencari solusi yang tepat dalam memecahkan masalah tersebut. Peran orangtua di sini hanyalah membimbing anak Anda dalam memecahkan masalah tersebut.

Hal ini akan membantu anak Anda mempelajari bagaimana memecahkan masalah dan menjadi lebih percaya diri dalam menemukan solusi untuk masalah yang dialaminya.

6. Ajari anak Anda untuk dapat berfikir dalam segala hal

Keberhasilan anak Anda bergantung pada seberapa baik mereka berpikir sendiri dan dengan cara apa mereka menemukan solusi dari pemikiran mandiri mereka. Berikan support untuk anak Anda dalam membiasakan diri memikirkan berbagai hal dan membentuk opini serta solusi mereka sendiri karena hal ini akan membuat mereka mandiri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini