Meski Sukar, Begini 6 Cara Meninggalkan Teman Toxic

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 25 September 2020 15:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 25 196 2283715 meski-sukar-begini-6-cara-meninggalkan-teman-toxic-dkPko9Ajeh.jpg Mengakhiri hubungan dengan teman toxic (Foto: Ravishly)

Dalam menjalin hubungan pertemanan kadang-kadang kita tak sadar bahwa energi dan pikiran kita terkuras habis oleh teman kita. Dia selalu meminta ditemani dan diajak bicara sepanjang waktu, sampai kita kelelahan sendiri.

Seorang teman yang baik akan ada tak hanya saat dia membutuhkan kita. Namun sebaliknya, saat kita membutuhkan dia, ia juga ada. Namun bagaimana jika temanmu hanya mau bertemu saat dia butuh. Jangan-jangan dia teman toxic?

Seperti dilansir dari Yourtango, terdapat cara-cara guna mengakhiri hubungan toxic. Begini caranya.

 malas membalas chatting teman toxic

1. Pelan-pelan menjauh

Caranya meninggalkan teman toxic memang tidak bisa dilakukan secara frontal. Sebab akan menghancurkan kedua belah pihak secara dramatis. Namun coba pelan-pelan saja menjauhinya, misalnya tak usah menghubungi dia sebelum dia menghubungimu.

2. Jujur terhadap perasaanmu

Saat kamu bersama temanmu yang toxic seringkali kamu merasa tidak nyaman. Mendengar keluhannya, rasanya kamu begitu capek. Mendengar dia marah-marah rasanya kamu muak. Apalagi terkadang dia juga menyalahkanmu saat dia punya masalah.

Nah, kamu harus jujur dengan perasaanmu bahwa dia ternyata melelahkan sehingga kamu punya alasan kuat untuk mengakhiri hubungan.

Baca juga: Ini Cara Mudah dan Murah Cegah Virus Corona Menumpuk di Tubuh Kita

3. Menghindar 

Mungkin memang tak mudah meninggalkan teman toxic. Namun ada caranya, kamu harus pelan-pelan menjauhinya dengan cara menghindar. Misalnya kamu bilang kepadanya saat ini kamu harus melakukan banyak kegiatan sehingga tak bisa menemaninya lagi.

4. Minta dukungan dari teman-temanmu lain

Minta dukungan dari teman-temanmu yang lain guna mengingatkan bahwa temanmu toxic sehingga tidak ada alasan guna mempertahankan hubungan kalian lagi. Ingat teman toxic bukanlah sahabat sejati.

5. Jaga jarak

Usai meninggalkan teman toxic-mu, maka kamu harus mampu menjaga jarak. Meskipun akan ada rasa rindu saat kalian dulu begitu akrab dan suka main bareng, coba tahankanlah. Ingat saja kenapa kamu meninggalkan dia? Sebab dia selalu menghisap energimu dan kebahagiaanmu.

 

6. Jangan sampai curhat

Memutuskan tak berteman lagi, bukan berarti kamu tidak bersikap baik. Jika kamu tak sengaja bertemu dengannya maka sapalah dengan baik. Jika dia mengirim pesan di medsosmu jawablah dengan baik dan seperlunya saja, jangan sampai kalian curhat dan berujung pada keinginan untuk bertemu lagi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini