7 Hal yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Menikah, Simak Ya!

Dara Siti Nabillah, Jurnalis · Jum'at 25 September 2020 16:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 25 196 2283734 7-hal-yang-wajib-anda-ketahui-sebelum-menikah-simak-ya-GVRlAmdEIo.jpg Menikah (Foto: Inside Wedding)

Sama seperti kehidupan, pernikahan juga akan mengalami fase pahit dan manis. Akan ada masanya di mana Anda akan merasakan kegembiraan yang paling besar saat bersama pasangan Anda.

Namun ada juga fase di mana Anda akan merasakan sakit dan kekecewaan yang sangat besar ketika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai dengan rencana Anda. Seperti dilansir dari Times of India, sebelum Anda menjalankan kehidupan dalam pernikahan, maka Anda harus mengetahui beberapa hal berikut.

 menikah

1. Fase bulan madu

Meskipun dalam masa pacaran Anda dan pasangan telah banyak melewati masa-masa yang indah, maka bukan berarti dalam pernikahan Anda tidak mengalami masalah.

Jangan terlalu menaruh ekspektasi tinggi, dan berpikir bahwa Anda tidak akan merasakan masalah dalam pernikahan, tetapi ketahuilah bahwa seiring berjalannya waktu, fase bulan madu akan segera berakhir, dan Anda akan segera merasakan kehidupan pernikahan yang sebenarnya.

2. Konflik dan ketidaksepakatan pasti akan sering terjadi

Pernikahan memang merupakan persatuan antara dua jiwa, tetapi bukan berarti mereka kebal terhadap perselisihan dan konflik. Pertengkaran sangat wajar terjadi pada setiap hubungan, karena pernikahan melibatkan dua orang dengan dua karakter yang berbeda, jadi wajar saja jika kedua orang ini memiliki pendapat dan gagasan yang berbeda.

3. Anda dan pasangan harus sering berkomunikasi

Ketika Anda sudah memutuskan untuk melanjutkan hubungan Anda dengan pasangan ke jenjang pernikahan, maka sudah tidak diragukan lagi perasaan cinta antara Anda dan pasangan. Tetapi setelah memiliki ikatan dengan pasangan, maka Anda dan pasangan harus saling berkorban dan mengkompromikan kebahagiaan.

Tapi jangan pernah berpikir bahwa dengan Anda mengalah, Anda sama saja merendahkan diri anda. Tapi malah justru itu yang akan membuat hubungan Anda bertahan.

Baca juga: Ini Cara Mudah dan Murah Cegah Virus Corona Menumpuk di Tubuh Kita

4. Tidak ada yang memenangkan perdebatan

Menikah berarti menyetarakan posisi. Oleh karena itu, jika terjadi pertengkaran dengan pasangan, tidak akan pernah ada pemenang pada akhirnya.

Dalam pernikahan, pertengkaran hanya bisa diselesaikan dengan kesepakatan bersama. Oleh karena itu, kecuali dan sampai Anda berdua menyebutnya gencatan senjata, tidak ada akhirnya.

5. Jangan pernah menuntut pasangan Anda untuk berubah

Jika Anda hanya memikirkan kekurangan yang ada pada pasangan Anda, dan Anda berharap bahwa dia akan berubah setelah menikah dengan Anda, maka hanya kecewa yang akan Anda dapatkan. Karena itulah kebenaran pahit yang harus Anda terima.

6. Memiliki anak akan mengubah dinamika hubungan Anda

Setelah menikah, tentunya Anda ingin punya anak. Ini akan menjadi momen paling berharga dalam hidup Anda, dan juga akan mengubah seluruh dinamika hubungan Anda.

Anda akan memiliki lebih sedikit waktu untuk berdua dengan pasangan Anda, karena Anda akan lebih mementingan anak dibanding pasangan Anda. Bahkan cinta Anda terhadap pasangan pun akan terbagi karena adanya sang buah hati.

7. Penyesalan akan menutupi kebahagiaan Anda

Anda mungkin merasa bahwa Anda adalah orang paling bahagia di hari pernikahan Anda, tetapi seiring berjalannya waktu, mungkin akan tiba saatnya, di mana Anda akan mengalami kesedihan dan penyesalan yang luar biasa karena telah menikah dengan pasangan Anda.

Tapi ketahuilah bahwa jika Anda hanya memikirkan penyesalan tersebut maka anda hanya akan menghambat kebahagiaan yang seharusnya dapat Anda rasakan.

Oleh karena itu sebaiknya Anda bersyukur memiliki calon suami atau istri Anda jika memang Anda mau menikah. Jika Anda sejak awal tidak bangga dan tidak bersyukur memiliki dia, maka sebaiknya Anda tak usah berharap menikah dengannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini