Waspada, Gowes Asal-asalan Berisiko Cedera Serius

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 25 September 2020 11:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 25 481 2283496 waspada-gowes-asal-asalan-berisiko-cedera-serius-mE0Y7iTxgY.jpg Naik sepeda (Foto: Okezone)

Tren bersepeda atau gowes makin banyak digandrungi masyarakat. Tidak sedikit yang kemudian mengajak anak untuk gowes bersama di jalanan atau area sepeda khusus.

Aktivitas fisik yang satu ini memang bukan hanya menyehatkan, tapi menyenangkan. Anda bisa saling sapa antarpesepeda, silaturahmi dengan orang baru, dan tentunya menikmati momen bersama yang tanpa disadari menyehatkan tubuh.

 naik sepeda

Tapi, gowes sembarangan atau asal-asalan sangat tidak direkomendasikan. Sebab, ada risiko bahaya yang bisa mengintai Anda.

Dijelaskan Dokter Umum RS Pondok Indah - Bintaro Jaya dr Muliadi Limanjaya, ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan untuk pesepeda.

Hal pertama adalah, semakin bertambahnya usia, batasan aktivitas fisiknya akan semakin ketat. Oleh karena itu, aktivitas fisik yang dilakukan mereka yang masih muda akan berbeda levelnya dengan yang sudah lansia.

Baca juga: Ini Cara Mudah dan Murah Cegah Virus Corona Menumpuk di Tubuh Kita

"Salah satu indikator yang sering digunakan adalah denyut jantung untuk mengetahui batasan maksimal Anda. Supaya lebih jelas, Anda bisa menanyakan soal ini ke dokter pribadi Anda agar manfaat kesehatannya bisa didapat tanpa menyebabkan risiko," terangnya melalui keterangan tertulis yang diterima Okezone, belum lama ini.

Dokter Muliadi melanjutkan, bicara soal risiko gowes asal-asalan, yang paling sering itu adalah cedera otot, karena sifat statis dari gowes itu sendiri. Karena punya sifat tersebut, otot biasanya berada pada posisi yang sama dalam waktu yang lama.

"Hal ini dapat meningkatkan risiko cedera, apalagi jika Anda tidak melakukan pemanasan yang cukup sebelum olahraga," paparnya.

Nah, untuk menghindari risiko tersebut, dr Muliadi menyarankan agar Anda melakukan pemanasan terlebih dulu sebelum gowes. Kemudian, ketika Anda gowes, pada periode waktu terhentu berhentilah sejenak untuk melakukan stretching, lalu lanjutkan kembali.

"Usahakan menggunakan pakaian yang nyaman dan menyerap keringat, serta cukup minum agar tubuh terhidrasi dengan baik karena pastinya banyak sekali cairan tubuh yang keluar saat gowes," sarannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini