7 Manfaat Buah Pala yang Jarang Diketahui, Apa Saja?

Felix Refialdo Handono, Jurnalis · Jum'at 25 September 2020 11:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 25 481 2283517 7-manfaat-buah-pala-yang-jarang-diketahui-apa-saja-lKGGZmy5OP.jpg (Foto: Tipshealthline)

Sebagian besar orang mungkin tidak mengetahui buah pala ternyata memiliki banyak sekali khasiat untuk kesehatan. Buah pala merupakan rempah-rempah yang berasal dari benih pohon cemara tropis (Myristica fragrans).

Buah pala, umumnya dikenal sebagai jaiphal dalam bahasa Hindi, adalah bumbu populer yang digunakan untuk memasak dan memanggang.

Gada adalah penutup luar atau aril dari biji pala yang juga mengandung zat gizi esensial dan memiliki kegunaan tersendiri dalam dunia kuliner dan pengobatan. Seperti dikutip dari Boldsky, berikut 7 manfaat dari buah pala untuk kesehatan.

1. Mengurangi peradangan

Buah pala memiliki senyawa felonik yang telah terbukti menunjukkan sifat anti inflamasi yang kuat sehingga dalam hal ini buah pala dapat menurunkan peradangan di dalam tubuh.

2. Mampu melawan infeksi bakteri

Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa ekstrak buah pala menunjukkan efek antibakteri terhadap bakteri yang menyebabkan gigi berlubang dan peradangan gusi.

3. Meningkatkan libido

BMC Complementary Medicine and Therapies menerbitkan sebuah studi dari penelitian pada hewan tikus bahwa ekstrak buah pala dapat meningkatkan kinerja seksual dan aktivitas seksual.

 Buah pala ternyata memiliki banyak sekali khasiat untuk kesehatan.

Baca juga: 4 Manfaat Jus Pare di Tengah Pandemi, Nomor 1 Tingkatkan Imunitas

4. Mampu meningkatkan kesehatan jantung

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa asupan suplemen pala dosis tinggi menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida, yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung. Namun, untuk diterapkan pada manusia diperlukan penelitian lebih lanjut.

5. Melawan stres oksidatif

Buah pala memiliki antioksidan yang kuat yang dapat melindungi sel dari radikal bebas. Hal ini merupakan pemicu timbulnya stres oksidatif yang dapat berkaitan dengan penyakit serius seperti jantung dan kanker.

6. Dapat mengontrol kadar gula darah

Penelitian pada hewan menunjukkan tikus diabetes yang diberi 100 dan 200 mg / kg ekstrak pala dapat membantu menurunkan kadar gula darah secara signifikan. Namun, studi penelitian diperlukan lebih lanjut untuk manusia.

7. Meningkatkan mood

Penurunan mood akan menyebabkan depresi. Depresi merupakan penyakit mental umum yang menyerang kebanyakan orang. Penelitian pada hewan telah menunjukkan bahwa ekstrak pala menunjukkan aktivitas antidepresan. Meskipun penelitian telah dilakukan pada hewan, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengevaluasi efek antidepresan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini