Rambut Rontok, Ini 5 Gaya Hidup yang Harus Anda Ubah

Dara Siti Nabillah, Jurnalis · Sabtu 26 September 2020 07:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 25 481 2283631 rambut-rontok-ini-5-gaya-hidup-yang-harus-anda-ubah-ZaANfV5rtI.jpg Ilustrasi rambut rontok (Foto: Freepik)

Rambut rontok bisa menimbulkan trauma bagi siapa saja, terutama perempuan yang menganggapnya sudah seperti mahkota. Bagaimana cara mencegah rambut rontok?

Rambut rontok bisa disebabkan oleh kondisi medis, perubahan hormonal, dan bahkan genetik. Namun, gaya hidup tidak sehat menjadi faktor lain yang menyebabkan rambut Anda rontok.

Jadi, berikut cara mencegah rambut rontok yang dikutip dari Timesofindia :

Berhenti merokok

Merokok termasuk dalam kebiasaan yang buruk. Jika Anda seorang perokok aktif, maka segeralah berhenti. Karena, merokok tidak hanya memicu kerontokan pada rambut, tetapi juga dapat merusak kesehatan secara keseluruhan. Studi menunjukkan bahwa merokok dapat merusak DNA dari folikel rambut dan mengganggu pertumbuhannya.

Ilustrasi rambut

Baca juga: Gigi Hadid Unggah Foto Jari Bayinya, Netizen: Kukunya Bikin Insecure Seluruh Dunia

Mengubah pola makan

Makan makanan yang sehat dan seimbang sangat penting untuk memperlambat kerontokan rambut. Pastikan menambah asupan protein dan melakukan olahraga teratur untuk meningkatkan kesehatan rambut.

Makanan seperti daging, ikan, kacang-kacangan, beri, dan sayuran berdaun hijau harus dimasukkan ke dalam menu harian Anda. Karena untuk membantu mempercepat pertumbuhan rambut Anda yang mengalami krontokan. Konsultasikan dahulu tentang vitamin yang akan anda konsumsi kepada dokter.

Karena mengonsumsi multivitamin seperti biotin, vitamin A dan B, dan beta-karoten, karena multivitamin sejenis ini sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan rambut anda.

Pakai topi

Sinar ultraviolet (UV) dapat merusak merusak rambut. Paparan berlebih radiasi UV dapat merusak dan melemahkan protein di rambut.

Perlu diketahui, protein sangat penting untuk pertumbuhan dan sangat mempengaruhi kualitas rambut secara keseluruhan. Oleh karena itu, memakai topi adalah cara untuk mencegah paparan sinar UV berlebihan agar tidak langsung terkena ke rambut yang dapat memicu terjadinya kerontokan.

Mengurangi Stres

Stres menjadi salah satu penyebab utama banyak masalah kesehatan, termasuk rambut rontok. Bahkan, stres dapat memperlambat pertumbuhan rambut baru. Jadi, untuk mencegah rambut rontok, kelola stres dari sekarang, misalnya dengan berolahraga.

Ilustrasi rambut 

Kurangi sering menata rambut

Penggunaan alat penata rambut yang berlebihan memiliki efek serius dan merusak bagian folikel. Penggunaan alat penata rambut yang ekstrem seperti pengering dan pelurus rambut dapat dengan mudah merusak inti dan melemahkan akarnya. Karena itu, Anda harus membatasi penggunaan alat penata rambut yang bersifat panas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini