Dokter Sarankan Gowes Pagi Cukup 30 Menit

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 25 September 2020 17:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 25 481 2283794 dokter-sarankan-gowes-pagi-cukup-30-menit-y6qsL23rwG.jpg Naik sepeda (Foto: Freepik)

Gowes jadi alternatif olahraga yang menyenangkan kala pandemi seperti sekarang. Aktivitas fisik yang satu ini pun dipercaya bisa membuat tubuh Anda sehat jika dilakukan dengan tepat.

Bicara mengenai gowes yang aman dan sehat, Dokter Umum RS Pondok Indah - Bintaro Jaya dr Muliadi Limanjaya menjelaskan, sejatinya semua olahraga itu menyehatkan, asal dilakukan dengan tepat. Untuk gowes sendiri, ada beberapa catatan yang mesti diperhatikan apalagi Anda gowes di tengah pandemi.

 naik sepeda

Hal pertama adalah waktu atau durasi yang dianjurkan. Menurut dr Muliadi, Anda dianjurkan berolahraga minimal 2,5 jam dalam seminggu dengan intensitas ringan sampai sedang, bergantung dengan kesanggupan fisik dan kebugaran otot Anda.

"Sebaiknya, ketika Anda memulai olahraga, mulailah dengan intensitas rendah untuk melatih otot gara bisa terbiasa dengan olahraga yang Anda lakukan," kata dr Muliadi dalam keterangan tertulis yang diterima Okezone, belum lama ini.

Untuk durasinya sendiri, disarankan untuk memulainya dengan sesi pendek seperti cukup 30 menit sebanyak 3 hingga 5 kali dalam seminggu. "Ingat, sesi pendek namun sering akan lebih bermanfaat dibandingkan sesi yang cenderung lebih panjang namun frekuensinya kurang atau jarang," sambungnya.

Jika Anda bingung menentukan waktu yang enak buat gowes, dr Muliadi merekomendasikan untuk gowes pagi hari. Baginya, waktu tersebut cenderung membuat Anda nyaman karena paparan matahari belum terlalu menyengat.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini