Cegah Cedera Otot, Jangan Lupa Lakukan Pemanasan Sebelum Gowes

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 25 September 2020 17:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 25 481 2283836 cegah-cedera-otot-jangan-lupa-lakukan-pemanasan-sebelum-gowes-D1A4ceiMAz.jpg Naik sepeda (Foto: Freepik)

Di tengah pandemi Covid-19, makin banyak orang yang senang sepedaan alias gowes guna menjaga kesehatan tubuh. Sebab kesehatan merupakan hal yang sangat penting.

Dokter Umum RS Pondok Indah - Bintaro Jaya dr Muliadi Limanjaya menjelaskan, sejatinya semua olahraga itu menyehatkan, asal dilakukan dengan tepat. Untuk olahraga gowes ada hal-hal mesti diperhatikan apalagi Anda gowes di tengah pandemi.

 naik sepeda

"Gowes kan biasanya dilakukan di ruangan terbuka, patut dipertimbangkan cuaca lokasi Anda gowes dan bersepeda pagi hari mungkin akan lebih baik karena cuaca cenderung lebih segar. Selain itu, intensitas sinar matahari pun belum terlalu tinggi, sehingga radiasi sinar UV dapat Anda hindari," sarannya.

Jangan lupa juga untuk melakukan pemanasan terlebih dulu sebelum mulai gowes. Otot yang kaku karena gowes cenderung aktivitas yang bersifat statis, akan meningkatkan risiko cedera otot. Lakukan pemanasan jangan sampai ketinggalan, oke?

"Gowes itu punya banyak manfaat, mulai dari melatih otot lebih kuat hingga menurunkan risiko penyakit jantung. Tapi, sangat disarankan untuk Anda semua berkonsultasi dengan dokter pribadi untuk menentukan treatment gowes yang disesuaikan dengan kondisi tubuh Anda untuk tetap aman," katanya.

"Jangan lupa untuk tetap menerapkan protokol kesehatan selama gowes, ya, dengan menjaga jarak, tetap pakai masker, dan rajin cuci tangan," tambah dr Muliadi.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini