5 Kesalahan yang Bikin Muka Makin Berminyak

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 25 September 2020 18:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 25 611 2283626 5-kesalahan-yang-bikin-muka-makin-berminyak-EM1Y4xE5Dg.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

Orang dengan kulit berminyak tahu betapa sulitnya untuk mencuci wajah untuk membuat wajah mereka terlihat kering.

Bahkan, walaupun Anda sudah melakukan rangkaian perawatan untuk menghilangkan minyak di wajah, tetap saja akan ada kilau yang terpancar.

Jika Anda memiliki kulit berminyak, kemungkinan besar Anda melakukan beberapa hal dengan cara yang salah dan kesalahan ini hanya membuat kulit Anda lebih berminyak. Melansir Times of India, berikut 5 kesalahan itu.

Anda terlalu sering mencuci muka

Cuci Muka

Orang dengan kulit berminyak perlu memahami bahwa membasuh wajah berulang kali tidak akan mengurangi kadar minyak di wajah.

Sebaliknya, cuci muka hanya jika Anda merasa perlu dan mulai terasa terlalu berminyak. Mencuci muka terlalu sering hanya akan membuat kulit Anda rusak dan tambah berminyak.

Tubuh tidak terhidrasi dengan baik

Ketika tubuh Anda tidak terhidrasi dengan baik, ia mengirimkan sinyal ke kelenjar untuk memicu lebih banyak produksi minyak untuk menyeimbangkan kelembapan.

Kelenjar produksi minyak kemudian mencoba melumasi kulit jika tidak ada air di tubuh Anda dan membuat kulit berminyak Anda menjadi lebih berminyak.

Baca Juga : Intip Jessica Iskandar Santai di Kolam Renang, Netizen: Sambil Makan Odading Makin Nikmat

Anda tidak menggunakan pelembap

Jika menurut Anda tidak melembapkan wajah akan membantu mengatasi kulit berminyak, Anda salah. Melewatkan pelembap adalah larangan besar.

Jika Anda menggunakan pembersih wajah atau toner pengontrol minyak, sangat penting untuk menggunakan hidrator. Gunakan pelembap berbahan dasar air yang ringan yang bekerja dengan baik untuk kulit Anda agar tidak terlalu kering.

Sering pakai produk kecantikan 

Menggunakan beberapa produk riasan terlalu sering atau menggunakan produk berbasis krim kental hanya akan lebih menyumbat pori-pori Anda dan meningkatkan produksi minyak.

Gunakan asam salisilat pada pencuci muka atau toner dengan bahan yang sama sehingga membantu mengontrol produksi minyak.

Jika Anda memiliki kulit yang sangat berminyak dengan pori-pori terbuka, Anda dapat menggunakan krim malam yang mengandung adapalene atau asam azelaic karena membantu mengontrol produksi minyak.

Cuci Muka

Stres

Hormon yang bertanggung jawab untuk memproduksi minyak dalam tubuh Anda bisa sangat berfluktuasi selama kehamilan, menopause atau bahkan pubertas.

Stres dapat meningkatkan level ini dan bila dikombinasikan dengan kortisol, dapat menyebabkan produksi sebum.

Sistem pertarungan atau lari menyebabkan keringat meningkat dan fungsi kapiler menurun saat aliran darah meninggalkan kulit dan menuju ke organ dalam dan otak. Hal ini pada akhirnya menyebabkan lebih banyak produksi sebum.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini