Seorang Anak Kesakitan Akibat Sehelai Rambut Masuk di Telapak Kaki

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 25 September 2020 17:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 25 612 2283834 seorang-anak-kesakitan-akibat-sehelai-rambut-masuk-di-telapak-kaki-XD7V1PumOR.jpg Rambut masuk ke kaki (Foto: World of Buzz)

Seorang dokter dari Slim River, Perak, Malaysia menangani kasus yang tidak biasa belum lama ini. Dokter yang diketahui bernama dr. Hanafi Yahya ini harus menghilangkan seutas rambut yang berada pada telapak kaki seorang anak.

Pada 11 September 2020, dr. Hanafi menangani pasien dari Sungai Siput, anak berusia 8 tahun untuk berobat. Dokter Hanafi yang juga pendiri DOCMOVE yakni layanan bantuan medis untuk warga lanjut usia dan keluarga berpenghasilan rendah mengatakan, kejadian itu terjadi pada malam pertama saat keluarga itu pindah ke rumah baru mereka.

 rambut di kaki

Anak itu mengadu kepada orangtuanya karena merasa sakit pada bagian kaki kanannya. Hal ini menyebabkan kedua orangtuanya membawa anak tersebut untuk mendapatkan pengobatan dari dokter.

"Saya mendapat informasi bahwa rambut di telapak kaki anak bisa bergerak-gerak yang membuatnya aneh bagaimana seutas rambut yang lembut dan kecil bisa masuk ke telapak kaki anak," kata dr. Hanafi, sebagaimana dilansir World of Buzz, Jumat (25/9/2020).

Akibat seutas rambut yang masuk ke telapak kakinya, anak itu harus menjalani operasi kecil selama 15 menit untuk menghilangkannya. Setelah operasi, rambut sepanjang 1,5 sentimeter itu berhasil dihilangkan dari kaki.

Baca juga: Ini Cara Mudah dan Murah Cegah Virus Corona Menumpuk di Tubuh Kita

Dokter Hanafi mengatakan, kejadian rambut masuk ke telapak kaki adalah salah satu kasus teraneh yang pernah dia tangani. Itu juga pertama kalinya harus mencabut sehelai rambut dari kaki seseorang. Meski kasus seperti ini bisa dibilang langka, itu bukanlah sesuatu yang sepenuhnya mustahil.

“Setelah diteliti lebih lanjut, kondisi ini disebut serpihan rambut atau hair sliver. Ini terjadi ketika sehelai rambut melewati lapisan atas kulit. Kondisi ini mungkin terdengar seperti cedera ringan dan tidak ada yang serius. Namun, serpihan rambut diketahui sangat menyakitkan dan bahkan dapat menyebabkan infeksi jika tidak diangkat,” lanjutnya.

Menurut laporan dari The Journal of Emergency Medicine, terdapat kasus serupa di Brasil, yakni saat seorang pria pergi ke ruang gawat darurat setelah mengalami rasa sakit misterius pada tumit kanannya yang semakin parah saat berjalan. Rasa sakit itu karena tarikan rambut yang tertanam di kakinya.

Serpihan rambut biasanya disebabkan oleh rambut yang baru dipotong, yang seringkali sangat tajam. Itu membuat rambut lebih mudah menembus kulit.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini