Minum Kayu Putih, Hasilnya Bahagia atau Petaka?

Novie Fauziah, Jurnalis · Sabtu 26 September 2020 00:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 25 612 2283979 minum-kayu-putih-hasilnya-bahagia-atau-petaka-H66IUXYnkO.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SEMENJAK Pandemi Covid-19 merebak, dan semakin banyak orang yang terinfeksi pamor minyak putih pun semakin naik. Banyak orang menganggap minyak putih bisa membantu melawan virus corona.

Bahkan, para penderita covid-19, banyak yang mencampurkan cairan minyak kayu putih dengan air hangat untuk diminum. Tapi, amankah meminum larutan minyak kayu putih?

Dilansir dari laporan berjudul 'Eucalyptus Oil Poisoning' yang diterbitkan di NCBI, penggunaan minyak kayu putih memang sudah banyak dilakukan sejumlah orang untuk meringankan gejala penyakit umum. Terkait dengan apakah aman meminum larutan minyak kayu putih, rupanya para peneliti mengatakan berbahaya.

"Toksisitas ekstrim setelah mengonsumsi minyak kayu putih telah dilaporan dengan baik, tetapi kesadaran publik umumnya kurang," terang laporan tersebut.

Adapun efek yang muncul setelah Anda mengonsumsi minyak kayu putih adalah terjadi rangsangan di sistem saraf pusat (SSP). Ini ditandai dengan pusing, ataksia, dan disorientasi yang diikuti kehilangan kesadaran yang biasanya terjadi setelah 10-15 menit usai Anda mengonsumsi minyak kayu putih.

Baca Selengkapnya: Waspada, Minum Minyak Kayu Putih Berisiko Kematian!

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini