Madu dan Propolis Efektif Cegah Covid-19, Benarkah?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 26 September 2020 17:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 26 481 2284107 madu-dan-propolis-efektif-cegah-covid-19-benarkah-Z6ZLucKErf.jpg Madu bantu jaga imunitas tubuh (Foto : Medicaldaily)

Sekarang semua orang tengah berusaha untuk menaikkan imunitas tubuhnya dengan berbagai cara. Ada yang dengan rutin olahraga dilengkapi dengan mengatur pola makan, ada juga yang menyempatkan berjemur di pagi hari, ada juga yang mengandalkan suplemen tubuh.

Segala macam upaya menaikkan imunitas tubuh dilakukan agar tidak terinfeksi Covid-19 yang memang nyata adanya menyebar antarmanusia. Tidak adanya vaksin hingga saat ini membuat benteng pertahanan tubuh pun tidak bisa maksimal, apalagi dikatakan peneliti bahwa mutasi Covid-19 lebih menular.

Madu

Meski begitu, upaya pencegahan dan memperkuat imunitas tubuh tetap harus dilakukan, sekalipun vaksin sudah tercipta. Ya, bagaimana pun Anda mesti membiasakan hidup bersih dan sehat ini sekalipun wabah telah lenyap di muka bumi.

Baca Juga : Dokter Larang Oleskan Minyak Kayu Putih ke Masker, Kenapa?

Terlepas dari itu, jika kita membahas senjaga imunitas tubuh yang kuat, maka saran mengonsumsi madu atau bahkan propolis sering didengar, bukan begitu? Tapi, apakah dua bahan alami tersebut benar bisa mencegah Covid-19?

Pakar Kesehatan dr Ari Fahrial Syam, SpPD, menjelaskan bahwa memaknai madu dan propolis itu jangan sebagai alat mencegah Covid-19, tetapi bahan alami yang cukup efektif untuk mempertahankan imunitas tubuh baik dalam tubuh.

"Madu dan propolis itu untuk menjaga imunitas tubuh tetap kuat. Madu bahkan diyakini meningkatkan imunitas tubuh, untuk propolis sendiri, sekarang sedang dilakukan riset untuk membuktikan fungsi pencegahan Covid-19," terangnya dalam Instagram Live, beberapa waktu lalu.

Madu

Jika Anda tetap mau mengonsumsi madu dan propolis, dr Ari pun tak mempermasalhkan itu. Tapi, perlu diperhatikan bahwa mengonsumsi madu dan propolis pun tidak kemudian membuat tubuh Anda kebal dari Covid-19.

"Kalau mencari fungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, itu benar. Tapi, tidak bisa kemudian Anda beranggapan bahwa madu dan propolis itu secara spesifik untuk mencegah Covid-19. Jangan ngerasa kebal kalau Anda rutin mengonsumsi madu dan propolis," sambung dr Ari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini