5 Makanan Sehat untuk Jaga Imunitas saat PSBB, Konsumsi Yuk

Wilda Fajriah, Jurnalis · Minggu 27 September 2020 10:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 26 481 2284316 5-makanan-sehat-untuk-jaga-imunitas-saat-psbb-konsumsi-yuk-VF0yggS2kb.jpg Ilustrasi makanan sehat (Foto: Shutterstock)

Pemprov DKI Jakarta melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) karena kasus positif Covid-19 di Jakarta masih tinggi. Oleh karena itu, penting bagi masyarakat untuk sama-sama meningkatkan imunitas tubuh supaya tidak mudah terserang penyakit. Salah satu cara untuk menjaga daya tahan tubuh adalah mengonsumsi makanan sehat.

Melansir Medical News Today, Minggu (27/9/2020), berikut 5 makanan yang dapat Anda konsumsi untuk menjaga imunitas saat PSBB.

1. Blueberry

Blueberry mengandung sejenis flavonoid yang disebut antosianin, yang memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Sebuah studi tahun 2016 mencatat bahwa flavonoid memainkan peran penting dalam sistem pertahanan kekebalan saluran pernapasan.

Para peneliti menemukan bahwa orang yang mengonsumsi makanan kaya flavonoid lebih kecil kemungkinannya untuk terkena infeksi saluran pernapasan bagian atas, atau flu, dibandingkan mereka yang tidak.

Makanan untuk tingkatkan imunitas 

Baca juga: Inspirasi Gaya Hijab Revalina S Temat yang Sederhana, Tetap Modis!

2. Brokoli

Brokoli adalah sumber vitamin C. Brokoli juga mengandung antioksidan kuat, seperti sulforaphane. Karena itu, sayuran ini adalah pilihan yang baik untuk dikonsumsi secara teratur guna mendukung kesehatan sistem kekebalan tubuh.

3. Ubi jalar

Ubi jalar kaya akan beta karoten, yakni sejenis antioksidan yang memberi warna oranye pada kulit kentang. Beta karoten adalah sumber vitamin A. Ini membantu membuat kulit sehat dan bahkan dapat memberikan perlindungan terhadap kerusakan kulit akibat sinar ultraviolet (UV).

4. Coklat hitam

Cokelat hitam mengandung antioksidan yang disebut theobromine, yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan dengan melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas.

Radikal bebas adalah molekul yang diproduksi tubuh saat memecah makanan atau bersentuhan dengan polutan. Radikal bebas dapat merusak sel-sel tubuh dan dapat menyebabkan penyakit.

Terlepas dari potensi manfaatnya, cokelat hitam mengandung kalori dan lemak jenuh yang tinggi, jadi penting untuk memakannya dalam jumlah sedang.

Ilustrasi minuman jahe 

5. Jahe

Orang menggunakan jahe dalam berbagai hidangan, makanan penutup, serta teh. Menurut sebuah ulasan, jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang kemungkinan menawarkan manfaat kesehatan.

Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memastikan apakah itu dapat secara efektif mencegah penyakit atau tidak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini