Begini Cara Mengembangbiakan dan Merawat Tanaman Janda Bolong

Novie Fauziah, Jurnalis · Sabtu 26 September 2020 15:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 26 612 2284183 begini-cara-mengembangbiakan-dan-merawat-tanaman-janda-bolong-MSUHXsy2oC.jpg Tanaman hias janda bolong (Foto : Dokumentasi narasumber)

Janda bolong saat ini menjadi tanaman yang sangat populer, karena harganya sangat fantastis mulai dari puluhan hingga ratusan juta rupiah. Ternyata perawatannya juga cukup mudah, lho.

"Cara mengembangbiakannya dan perawatannya gampang," ujar Ratu Hermansyah, salah seorang kolektor tanaman hias di bilangan Jakarta, Sabtu (26/9/2020).

Cara menanamnya, siapkan media tanam yang terdiri atas dari tanah, sekam bakar, pupuk kambing kering, aduk merata. Tancapkan tanaman janda bolong yang sudah berakar di media tanam itu.

Janda Bolong

Baca Juga : Janda Bolong, Tanaman Hias Seharga Ratusan Juta di Tengah Pandemi

Untuk perawatannya: letakkan tanaman di tempat yang cukup sinar tapi jangan terlalu panas. Kalau terkena sinar matahari terlalu panas, daunnya jadi menguning. Siram dua kali sehari. Sementara untuk perawatannya, letakkan tanaman di tempat yang cukup disinari matahari, akan tetapi jangan terlalu panas.

"Kalau kena sinar matahari terlalu panas, daunnya jadi menguning. Siram dua kali sehari," katanya.

Selain itu cara mengembangbiakannya juga cukup mudah. Anda bisa memulai dari memecah akar yangg bercabang, atau memotong batang tanaman yang sudah keluar akar asap / akar gantungnya lalu ditanam lagi di tanah / dalam pot lain.

Janda Bolong

Menurut Ratu, bisa juga bisa melalui metode water propagation, yaitu merendam batang monstera yang sudah mengeluarkan akar asap atau akar gantung ke dalam wadah berisi air.

"Biarkan di situ, hingga akarnya bertambah panjang dan banyak. Tunggu sekitar 1-2 minggu. Setelah itu, pindahkan janda bolong ke pot yang telah diisi media tanam," terangnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini