Ingat, Jaga Protokol Kesehatan di Tengah Masa Kampanye Pilkada

Novie Fauziah, Jurnalis · Minggu 27 September 2020 11:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 27 481 2284454 ingat-jaga-protokol-kesehatan-di-tengah-masa-kampanye-pilkada-oXvoiknWQX.jpeg (Foto: Shutterstock)

Di tengah pandemi virus corona (covid-19), disiplin menjalani protokol kesehatan menjadi hal wajib. Masyarakat harus tetap memperhatikan protokol kesehatan, baik ketika berada di rumah maupun di luar rumah.

Terlebih bila Anda berada di tempat yang ramai. Seperti diketahui, kampanye pilkada serentak dilaksanakan mulai 26 September hingga 5 Desember 2020. Saat kampanye biasanya banyak orang berkerumun, tentunya bisa saja menimbulkan persebaran penyakit.

Banyak pihak menyarankan kampanye pilkada di tengah pandemi ini dilakukan secara virtual saja demi menghindari kerumunan massa. Namun, beberapa kali ditemui ada saja peserta pilkada beserta massa pendukungnya hadir dalam suatu kegiatan.

Menyikapi fenomena kampanye pilkada di tengah pandemi, Ahli Epidemiologi Universitas Hasanuddin (Unhas) Profesor Ridwan Amiruddin mengatakan ini harus menjadi perhatian semua pihak, terlebih lagi Komisi Pemilihan Umum (KPU) selaku penyelenggara. Pasalnya, protokol kesehatan wajib dijalankan di mana pun dan kapan pun.

 Di tengah pandemi virus corona (covid-19), disiplin menjalani protokol kesehatan menjadi hal wajib.

"Protokol kesehatan itu tidak bisa dilaksanakan dengan optimal pada situasi ini (pilkada)," ungkapnya saat dihubungi Okezone beberapa waktu lalu.

Adapun protokol kesehatan ketat pencegahan covid-19 yang harus dijalankan dalam semua kegiatan, termasuk kampanye pilkada, yakni sebagaimana dijelaskan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

1. Sebelum ke tempat keramaian pastikan tubuh sehat dan fit untuk keluar rumah.

2. Bisa cari informasi terlebih dulu tentang lokasi dan massa yang akan didatangi.

3. Bawa sendiri perlengkapan yang dibutuhkan dari rumah, seperti masker, hand sanitizer, dan lain-lain.

4. Pada fasilitas yang sudah disediakan di lokasi kegiatan, ingat cuci tangan terlebih dahulu dengan sabun dan air mengalir selama minimal 20 detik.

5. Biasakan cuci tangan dan gunakan hand sanitizer terutama setiap setelah menyentuh apa pun.

6. Pemeriksaan suhu tubuh di lokasi kegiatan. Apabila suhu badan di atas 37,5 derajat Celsius maka sebaiknya tidak keluar rumah. Pastikan istirahat dan pulihkan kesehatan sebelum beraktivitas lagi.

7. Memakai masker wajib hukumnya. Bawa masker ekstra untuk jaga-jaga maupun menawarkannya ke orang lain yang lupa bawa masker.

8. Jaga jarak saat berada di lokasi kegiatan. Minimal 1,5 meter.

9. Penerapan pencegahan dan pengendalian covid-19 sangat membutuhkan peran penyelenggara kegiatan dan aparat terkait.

10. Ketika beraktivitas di tempat umum, pastikan tidak menyentuh area wajah dengan tangan yang belum dapat dipastikan kebersihannya.

11. Atur waktu kunjungan seefektif dan seefisien mungkin, cepat serta tepat sasaran.

Baca juga: Sinar Matahari Membunuh Virus, Efektifkah Berjemur untuk Perangi Covid-19?

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini