Tips Aman Bersepeda Selama Pandemi Covid-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Minggu 27 September 2020 13:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 27 481 2284475 tips-aman-bersepeda-selama-pandemi-covid-19-bQjMN023tZ.jpg (Foto: Ilustrasi Okezone.com)

PANDEMI virus corona atau Covid-19 membuat banyak orang memilih berolahraga untuk mengisi waktu luang. Salah satu olahraga yang paling diminati masyarakat saat ini adalah bersepeda.

Meski tujuannya untuk memperoleh kesehatan dengan berolahraga, namun protokol kesehatan tetap harus dipenuhi. Hal ini akan membantu seseorang supaya terhindari dari Covid-19 saat berolahraga.

Dalam wawancara dengan Okezone beberapa waktu lalu, Dokter Spesialis Paru, Agus Dwi Susanto Sp.P (K) membagikan beberapa tips aman gowes sepeda di masa pandemi Covid-19.

1. Masker

Jika tempat tinggal Anda berada di zona hijau alias aman dari virus corona, Anda boleh saja bersepeda tanpa menggunakan masker. Jika Anda bersepeda tidak sendirian, ada baiknya menggunakan masker yang dilonggarkan.

"Bersepedalah menggunakan masker yang longgar, jangan yang sempit. Agar udara tetap bisa masuk," ujar Agus.

Jika Anda berada di zona merah, Anda diwajibkan untuk menggunakan masker, namun harus menurunkan intensitas olahraga.

2. Bersepeda sendiri

Daripada bergerombol, usahakan untuk bersepeda sendiri saja. Ini lebih aman dilakukan karena risiko tertular virus corona pun menjadi rendah.

 Pandemi virus corona atau Covid-19 membuat banyak orang memilih berolahraga untuk mengisi waktu luang.

Baca juga: Sinar Matahari Membunuh Virus, Efektifkah Berjemur untuk Perangi Covid-19?

3. Menjaga jarak

Jika dalam kegiatan biasa Anda diharuskan menjaga jarak antara 1 hingga 2 meter, dalam kasus olahraga ini tak bisa disamakan. Ketika berolahraga, termasuk bersepeda, jarak aman minimal adalah 3 meter.

"Kalau olahraga jarak aman itu harus 3 meter," papar Agus.

4. Segera Istirahat Jika Lelah

Walaupun Dokter Agus menyarankan untuk bersepeda santai, namun Anda diwajibkan untuk beristirahat jika mulai terasa lelah.

"Segera menepi dan beristirahatlah kalau lelah. Walaupun berolahraga dengan intensitas yang rendah kalau sudah lelah harus istirahat. Berolahragalah sesuai kemampuan," pungkas Agus.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini