Tips Cegah Dehidrasi saat Cuaca Ekstrem

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Minggu 27 September 2020 16:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 27 481 2284549 tips-cegah-dehidrasi-saat-cuaca-ekstrem-xY4kohsBZQ.jpg (Foto: Prestige Services)

DEHIDRASI menjadi salah satu masalah yang kerap dihadapi masyarakat selama cuaca ekstrem. Cuaca yang sangat terik membuat masyarakat kehilangan banyak cairan dalam tubuhnya.

Profesor dan Kepala Departemen Pengobatan Darurat di Universitas Arizona, dr. Samuel Keim mengatakan jika dibiarkan, kondisi ini tentunya bisa berakibat fatal bagi kesehatan manusia.

“Dehidrasi sederhana kemungkinan merupakan penyebab paling umum dari masalah kesehatan akibat teriknya musim panas,” terang dr. Keim, melansir dari Health US News, Minggu (27/9/2020).

Jika seseorang merasa mulai mengalami dehidrasi, tentu ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Berikut 7 cara mencegah dehidrasi:

 Cuaca yang sangat terik membuat masyarakat kehilangan banyak cairan dalam tubuhnya.

1. Wanita harus mengonsumsi sekira 2,7 liter, dan pria sekira 3,7 liter, dari total air sehari, menurut National Academy of Medicine.

2. Sekira 80% dari asupan cairan harian berasal dari air minum dan minuman lain - termasuk minuman berkafein. Sebanyak 20% lainnya berasal dari makanan.

3. Minum banyak air bisa berupa air soda tanpa rasa buah atau rasa alami semuanya bisa digunakan.

4. Hindari minuman beralkohol, yang dapat menyebabkan dehidrasi.

5. Gabungkan sayuran dengan kandungan air tinggi, seperti mentimun, selada, dan seledri, ke dalam makanan musim panas Anda.

6. Makan buah-buahan seperti tomat, stroberi, dan semangka, yang juga mengandung banyak air.

7. Konsumsi sup seperti gazpacho, sangat menarik.

Baca juga: Tips agar Tubuh Tetap Sehat Hadapi Perubahan Musim

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini