Eksperimen Ini Buktikan Handuk Bersih pun Punya Banyak Bakteri

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Minggu 27 September 2020 01:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 27 612 2284330 eksperimen-ini-buktikan-handuk-bersih-pun-punya-banyak-bakteri-Fv2ZmIVDm2.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

APA yang kita anggap bersih, tidak selalu nampak seperti yang terlihat. Bisa jadi, handuk yang sudah kita cuci pun ternyata masih menggandung banyak kotoran.

Seorang YouTuber dan juara Nerf, Jared Guynes pun berbagi pengalamannya kala melakukan eksperimen. Awalnya dia mengambil koleksi handuk bersih yang dicuci dan dilipat dalam lemari linen. Istri Jared kemudian mengambil handuk bersih dan menaruhnya di bak mandi untuk direndam semalaman dalam campuran soda kue, boraks, dan air bersih panas.

Hasilnya sangat mengejutkan, air yang digunakan untuk merendam handuk berubah menjadi cokelat kehitaman keesokan harinya. Pasangan yang berasal dari Texas itu kemudian menjelaskan bagaimana handuk bersih dari mesin cuci masih bisa mengandung begitu banyak kotoran.

Handuk

"Kisah yang dia ceritakan kepada saya adalah bahwa selama bertahun-tahun penggunaan sabun dan deterjen dalam jumlah mikroskopis dapat mengunci serat-serat handuk. Selanjutnya, bahan itu akan lengket dan juga bisa menjebak sejumlah kecil kotoran, dan bakteri, bahkan setelah melalui mesin cuci dengan deterjen,” tulis Jared, melansir dari VT.

Setelah melihat orang lain melakukannya, dia pun memutuskan untuk melakukan eksperimen pada handuknya di bak mandi. "Handuk di rumah, tidak peduli seberapa bersihnya ternyata mereka seburuk ini juga,” lanjutnya.

Baca Selengkapnya: Dicuci Pakai Deterjen, Ternyata Handuk Tak Sebersih Penampakannya

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini