Gigi Gingsul Ternyata karena Faktor Turunan Loh

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Minggu 27 September 2020 02:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 27 612 2284332 gigi-gingsul-ternyata-karena-faktor-turunan-loh-auHLvREdef.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

GINGSUL memang penyakit gigi bawaan lahir dan terjadi karena faktor keturunan. Gigi gingsul memang tidak berbahaya, dan biasanya malah menjadi daya tarik tersendiri.

Lantas, apa yang sebenarnya menyebabkan terjadinya gigi gingsul? Dokter spesialis gigi, drg. Diono Susilo, MPH, menyebut gigi gingsul terjadi karena faktor keturunan.

Kondisi ini, lebih sering terjadi pada anak-anak yang memiliki orangtua dengan ukuran tubuh tidak seimbang. Misal ayahnya bertubuh besar sedangkan ibunya bertubuh kecil, atau sebaliknya.

"Bisa dibayangkan ketika anaknya lahir ia memiliki rahang ibunya yang (ukuran) kecil. Tapi gigi yang tumbuh mengikuti gen dari ayahnya yang ukurannya besar-besar. Hal itu membuat tidak semua gigi mendapatkan tempat yang pas untuk tumbuh," jelas dia.

"Gigi gingsul itu tidak berbahaya. Malah untuk sebagian orang, gigi gingsul dianggap bikin cantik. Tapi kalau sampai mengganggu pengunyahan, baru harus dilakukan tindakan," jelas drg. Diono.

Baca Selengkapnya: Suami Berbadan Besar Istri Bertubuh Kecil, Waspada Anak Bisa Gingsul

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini