Bisa Bikin Serangan Jantung, Berapa Banyak Makan Durian yang Aman?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 29 September 2020 07:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 28 298 2285205 bisa-bikin-serangan-jantung-berapa-banyak-makan-durian-yang-aman-hDybvm1y1w.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BUAH-BUAHAN memang kaya akan manfaat, vitamin dan mineral. Selain enak dinikmati, buah-buahan pun kerap dianggap sebagai obat alami untuk beberapa penyakit.

Tapi, tidak semua buah baik untuk disantap dalam jumlah banyak loh. Salah satu yang tidak boleh disantap terlalu banyak adalah buah durian. Ya, jika dikonsumsi secara berlebihan bukan tidak mungkin malah membuat kita terkena penyakit jantung lantaran kolesterol tinggi.

Dokter Jantung Vito Damay, SpJP(K), FIHA, FICA dari Siloam Hospital mengatakan, durian sebetulnya termasuk jenis buah yang aman untuk dikonsumi jika tidak berlebihan. Lantas, berapa banyak konsumsi buah durian yang aman?

Durian

“Durian itu rata-rata satu buah saja sudah memenuhi setengah dari kebutuhan kalori harian kita. Jadi tiga butir saja cukup. Tapi ya pasti banyak yang enggak sanggup kalau cuma makan tiga butir kalau enak kan?” ungkap kepada Okezone.

Nah, untuk mengakali agar seseorang tidak kalap menyantap durian ada beberap trik ampuh yang bisa dilakukan. Salah satunya dengan menyantap buah tropis itu beramai-ramai bersama teman atau anggota keluarga. Dengan demikian, porsi yang akan disantap pun semakin terbatas.

“Jadi triknya. beli jangan banyak-banyak dan ajak teman ikut makan. Nanti pasti jadinya kebagian paling banyak cuma tiga butir,” tegas Vito.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini