Cegah Covid-19, Dokter Imbau Segera Menjauh dari Orang Batuk dan Bersin

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 28 September 2020 16:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 28 481 2284870 cegah-covid-19-dokter-imbau-segera-menjauh-dari-orang-batuk-dan-bersin-mwIfm9hWtG.jpg Ilustrasi (Foto : Medicalnewstoday)

Sudah masuk musim penghujan, tak ayal akan banyak orang yang bersin atau batuk di sekitar Anda. Perubahan cuaca dan suhu memiliki peran yang jelas terhadap sistem imunitas tubuh.

Karena itu, beberapa ahli kesehatan mengklaim bahwa kasus Covid-19 akan naik di musim dingin seperti sekarang ini. Sebut saja kata Anthony Fauci, ahli penyakit menular terkemuka di Amerika, cuaca dingin itu peringatan serius untuk semua orang. Sebab, wabah akan semakin menakutkan.

"Kita semua mesti kuat melewati musim dingin ini karena memang tidak akan mudah," kata Fauci yang merupakan direktur National Institute of Allergies and Infectious Diseases, pada Harvard Medical School, belum lama ini.

Orang Bersin

Robert Redfield, direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika (CDC) pun mengklaim bahwa kondisi pandemi akan sangat buruk di musim dingin. Pernyataan itu dia lontarkan kepada Journal of American Medical Association.

"Musim gugur dan musim dingin (sekitar bulan Oktober hingga Desember) mungkin akan menjadi salah satu masa paling sulit berdasar pengalaman kami mengatasi pandemi dalam kesehatan masyarakat Amerika," terangnya, menurut laporan Huffpost.

Baca Juga : Wika Salim Tampil Shining Pakai Dress, Netizen: Kinclong Kayak Batu Giok!

Dengan situasi tersebut para pakar kesehatan itu mengimbau agar masyarakat harus lebih rajin melindungi diri mereka sendiri dan orang lain dari virus di udara untuk memadamkan lonjakan kasus.

Selain itu, mengingat kasus Covid-19 ditularkan dari orang ke orang melalui droplet dari bersin dan batuk, Fredrick Sherman, seorang profesor di Fakultas Kedokteran Mount Sinai, menawarkan beberapa tips sederhana yang dapat membantu Anda terhindar dari paparan virus. "Anda berada dalam situasi dengan risiko tinggi ketika ada seseorang batuk atau bersin di samping Anda," tegasnya.

Lantas, apa tips yang bisa dilakukan ketika ada orang batuk atau bersin di samping Anda sekalipun sudah pakai masker?

"Segera buang napas untuk menghindari menghirup droplet atau aerosol yang melayang di udara. Tutupi bibir Anda agar tidak ada udara yang keluar dan pastikan Anda sedang tidak menghirup udara. Balikkan kepala Anda sepenuhnya dari orang tersebut dan menjauhlah," saran Sherman.

Orang Bersin

Ia menekankan bahwa tips sederhana itu tidak menjamin 100 persen Anda selamat dari paparan virus penyakit yang dikeluarkan orang yang batuk atau bersin di samping Anda tersebut. Tapi, tips tersebut dia pastikan dapat mengurangi jumlah virus yang masuk ke tubuh Anda.

"Dengan paparan jumlah virus yang banyak, Anda cenderung akan sakit. Karena itu, mengurangi jumlah banyaknya virus yang masuk akan memastikan tubuh Anda juga tidak sakit," sambungnya.

Sherman menambahkan, durasi Anda berada di dekat orang yang batuk atau bersin pun memengaruhi kondisi kesehatan Anda. Jadi, semakin lama Anda berada di dekat orang yang sakit itu, maka semakin tinggi risiko Anda ikutan sakit. "Karena itu, dalam penjelasan tips, Anda diminta untuk menjauh dari orang yang sakit," tegasnya.

Lebih jauh lagi CDC menerangkan tips lain agar Anda terhindar dari risiko paparan Covid-19. Tips tersebut ialah sebisa mungkin sering-seringlah keluar ruangan, karena berada lama di dalam ruangan berventilasi buruk pun meningkatkan risiko. Pakai masker pun jadi hal wajib tanpa pengecualian.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini