Sambut Hari Jantung Sedunia, Yuk Cek Kesehatannya dalam 30 Detik

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 28 September 2020 18:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 28 481 2284894 sambut-hari-jantung-sedunia-yuk-cek-kesehatannya-dalam-30-detik-7E6LIAt5Jq.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SETIAP tanggal 29 September seluruh dunia memperingati World Heart Day (WHD) atau Hari Jantung Sedunia. Memang, penyakit jantung masih menjadi pembunuh nomor 1 di seluruh dunia.

Ketika pembuluh darah seseorang menyempit karena kerusakan, mereka pun berisiko serius terkena penyakit jantung. Penyakit jantung ini pun tidak lain karna gaya hidup orang yang tidak sehat.

Oleh karena itu, meskipun kita terlihat sehat di luar, bukan berarti kita bisa meremehkan penyakit jantung ini loh. Ada kok, tes sederhana untuk mengukur kesehatan jantung kita.

Melansir Mirror, tes tersebut hanya butuh 30 detik, untuk menunjukkan tingkat kesehatan jantung dan sirkulasi darah. Tes ini hanya membutuhkan mangkuk atau baskom besar, air dingin, dan beberapa es batu.

Serangan jantung

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk cek kesehatan jantung adalah mengisi mangkuk atau baskom besar dengan air yang benar-benar dingin. Bisa pula ditambahkan segenggam es batu ke dalamnya. Kemudian rendamlah kedua telapak tangan di dalam air dingin berisi es batu selama 30 detik, tidak dianjurkan untuk melakukannya lebih dari itu.

Merendam telapak tangan di air dingin selama 30 detik dapat membantu mengetahui cara tubuh merespons ketika dipaksa menghadapi suhu dingin. Ada dua kemungkinan yang bisa terjadi sehabis telapak tangan di angkat dari air dingin. Kemungkinan itulah yang menentukan kondisi kesehatan jantung.

Pertama, jari-jari menjadi merah. Kondisi ini merupakan kabar baik karena kemungkinan tidak ada masalah terkait dengan oksigenasi darah. Selain itu, jari yang merah menunjukkan jantung dan sirkulasi darah berada dalam kondisi kesehatan yang terbilang sehat.

Kemungkinan kedua, ketika telapak tangan di angkat dari air dingin, ujung jari bisa terlihat pucat atau berwarna kebiruan. Bila kondisinya demikian, maka bisa mengisyaratkan masalah sirkulasi darah.

Ujung jari yang pucat atau berwarna kebiruan terjadi ketika sel darah merah memiliki kadar oksigen rendah. Untuk mengatasinya bisa dengan menghangatkan jari-jari atau memijatnya guna meningkatkan sirkulasi darah dan membantu kondisinya kembali normal.

Namun apabila masalah berlanjut disarankan segera menghubungi dokter. Selain itu, apabila sehabis merendam telapak tangan ke air dingin tubuh menjadi biru disertai gejala sesak napas, sakit kepala, nyeri dada, berkeringat, mati rasa, atau pusing maka dianjurkan untuk mendapatkan pertolongan darurat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini