Gelandangan dan Orang Gila Disebut Lebih Kuat Hadapi Covid-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 28 September 2020 14:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 28 481 2284896 gelandangan-dan-orang-gila-disebut-lebih-kuat-hadapi-covid-19-v7g7B2NGn5.jpg Pandemi Covid-19 (Foto: Popular Mechanics)

Relawan Covid-19, dr. Tirta Mandira Hudhi mengatakan, orang menengah ke atas menjadi golongan yang rentan terinfeksi Covid-19. Menurutnya golongan tersebut memiliki imunitas tubuh yang lebih lemah.

“Kenapa covid-19 kebanyakan menyerang orang yang menengah ke atas? Karena tubuhnya belum biasa disikat, bro. Nah dari sini kan kalian tahu kenapa orang gila, gelandangan, orang pasar gak kena (Covid-19)?” terang dr. Tirta, dalam video singkat yang diunggahnya, Senin (28/9/2020).

 dokter Tirta

Dokter Tirta mengatakan, semakin sering seseorang berada di lapangan malah semakin tahan. Mereka yang sering terpapar debu jalanan, polusi, makan yang tidak bersih atau tak mencuci tangan justru cenderung aman. Ini karena imunnya sudah kuat duluan.

“Tapi virusnya masuk nggak menyebabkan infeksi, kuat bro. Coba liat kuli bangunan masuk angin kerokan sembuh, makanya semakin dulu dia kena penyakit ini Covid-19 mental. Itu alasan kenapa yang kena Covid-19 rata-rata menengah ke atas,” lanjutnya.

Lebih lanjut dr. Tirta menyebut golongan menengah atas seperti orang-orang perkantoran adalah salah satu yang rentan terkena Covid-19. Ini pada dasarnya karena imunitas tubuh yang mereka miliki sangat ringkih. Ia pun mengaku bangga karena dirinya sempat merasakan hidup sulit di jalanan.

 Baca juga: 5 Tanda Mantan Pacar Mau Balikan Tapi Gengsi

“Makanya di sini saya bangga dulu pernah nggak enak, pernah hidup di jalan, pernah kurang mampu. Di sini saya bilang orang-orang yang nggak mampu, hidup di jalan, terbiasa keras imunnya itu lebih kuat. Itu alasan kenapa orang gila, gelandangan gak pernah kena (Covid-19), karena pernah hidup keras,” tuntasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini