Dokter Tirta Ungkap Kenapa Atlet Hanya Butuh 4 Hari untuk Sembuh dari Covid-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 28 September 2020 14:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 28 481 2284927 dokter-tirta-ungkap-kenapa-atlet-hanya-butuh-4-hari-untuk-sembuh-dari-covid-19-G6UXT6xXhT.jpg Atlet olahraga (Foto: Men's Journal)

Pandemi Covid-19 sering dikaitkan dengan imunitas tubuh yang dimiliki seseorang. Semakin kuat imunitas tubuh, maka Covid-19 akan semakin sulit menginfeksi tubuh manusia.

Meski demikian, banyak kasus Covid-19 yang ditemukan pada atlet yang notabenenya sering berolahraga secara rutin. Dalam beberapa kasus, beberapa pesepakbola yang positif terinfeksi Covid-19 hanya membutuhkan waktu selama 4 hari untuk sembuh, mengapa hal ini bisa terjadi?

 dokter Tirta

Menjawab hal tersebut dr. Tirta Mandira Hudhi pun menjelaskan fenomena Covid-19 yang terjadi.

Menurut dr. Tirta asupan protein dan suplemen yang tercukupi menjadi kunci bagi para pesepakbola untuk sembuh dari Covid-19 dengan begitu cepat. Salah satunya adalah striker AC Milan, Zlatan Ibrahimovic yang terinfeksi Covid-19 namun tidak mengalami efek apapun karena nutrisinya tercukupi.

“Nah, kalian tau banyak orang Indonesia tidak tercukupi nutrisinya. Jadi kalau ditanya obat Covid-19 langsung membunuh virusnya itu nggak ada. Adanya adalah obat yang meringankan gejala pada paru-paru,” terang dr. Tirta dalam video yang diunggahnya, Senin (28/9/2020).

Selain asupan nutrisi yang dikonsumsi seseorang, hal lain yang bisa mengalahkan Covid-19 adalah antibodi manusia, di antaranya adalah limfosit, immunoglobulin G dan M.

Selain itu dr. Tirta pun menjelaskan tentang bagaimana virus SARS-CoV-2 yang menyebabkan Covid-19 bisa menyerang ke tubuh manusia.

“Covid-19 ini kan RNA, mereka kan zat DNA seperti kimia. Jadi sel itu saya terangkan secara singkat, ada sel, ada kromosom, ada RNA. RNA ini yang bawa gen, nah virus ini bisa nyerang kalo ada cantelannya. Virus ini bisa nempel kalau cangklongannya sesuai, nah Covid-19 menyerangnya di tenggorokan dan paru,” lanjutnya.

Setelah virus masuk ke dalam tubuh manusia, nantinya imunitas tubuh akan meresponnya dengan baik. Tubuh akan mengirimkan tentara untuk melawan virus yang masuk ke dalam tubuh manusia.

Jika tentara antibodi yang menang maka seseorang bisa sembuh dan kondisi ini disebut self limiting disease kalau memang imunitasnya kuat.

“Makanya Neymar, Ibrahimovic, Robert Pattinson sembuh cuma empat hari. Kenapa bro? Atlet kuat imunnya, virus masuk dihajar langsung disikat," tuntasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini