7 Benda yang Bisa Sebarkan Covid-19, Apa Saja?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 28 September 2020 15:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 28 481 2284956 7-benda-yang-bisa-sebarkan-covid-19-apa-saja-4XOd8H7aQH.jpg Uang kertas (Foto: Freepik)

Penyebaran Covid-19 tidak hanya melalui udara. Virus corona bisa menyebar melalui permukaan-permukaan benda sehari-hari yang sering disentuh oleh manusia.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahkan telah memperingatkan bahwa uang kertas dapat menularkan Covid-19. Pasalnya uang menjadi salah satu benda yang paling sering disentuh oleh manusia.

 Pandemi virus corona

"Uang sering berpindah tangan dan dapat membawa semua jenis bakteri dan virus. Kami menyarankan orang untuk mencuci tangan setelah memegang uang kertas, dan menghindari menyentuh wajah mereka,” terang juru bicara WHO

Ia juga menyarankan penggunaan opsi pembayaran cashless jika memungkinkan, untuk meminimalkan risiko penularan virus. Penularan penyakit dengan cara lain pun diungkapkan Kepala Pengobatan Infeksi di Universitas Edinburgh, Prof Jürgen Haas

"Rute penularan utama adalah melalui tetesan. Ini dihasilkan oleh batuk, dan dapat langsung menginfeksi orang lain melalui infeksi yang ditularkan melalui udara, atau melalui penularan melalui tangan atau permukaan lain,” terang Haas, melansir dari Guardian, Senin (28/9/2020).

Lalu apa saja benda yang berpotensi menularkan virus corona?

1. Uang kertas

Uang memang dapat membawa virus corona. Tapi risikonya cukup kecil. Jangan terlalu khawatir tentang uang logam. Sebab koin sebenarnya adalah lingkungan yang sangat buruk bagi virus untuk bertahan hidup.

2. Pegangan pintu

Selain uang, gagang pintu atau pegangan lainnya juga bisa menularkan virus Covid-19. Oleh sebab itu berhati-hatilah saat Anda menyentuh benda-benda tersebut. Sering-seringlah mencuci tangan untuk mengatasinya.

Baca juga: 5 Tanda Mantan Pacar Mau Balikan Tapi Gengsi

3. Peralatan dapur publik

Mesin kopi atau ketel yang digunakan oleh banyak orang, jadi sebaiknya gunakan pembersih tangan setelah selesai menggunakannya.

4. Eskalator

Eskalator, pegangan tabung, pegangan tangga, semua benda ini akan disentuh secara terus-meneru oleh ribuan orang setiap hari. “Jika Anda menggunakan transportasi umum, tidak ada cara untuk tidak menyentuh pegangan tangan. Jadi, saat Anda turun, jangan lupa desinfeksi tangan Anda,” kata Tait-Burkard.

5. Benda-benda di rumah sakit

Berjabat tangan adalah rute penularan penyakit yang sering terjadi di rumah sakit. Itu sebabnya petugas kesehatan harus secara teratur mendisinfeksi tangan. Jika Anda mengunjungi seseorang di rumah sakit, atau memiliki janji temu, cuci tangan Anda dengan bersih sebelum dan sesudah berkunjung.

6. Telepon

Tidak terlalu menjadi masalah di era smartphone, tetapi jika Anda berbagi telepon kantor, itu adalah sesuatu yang perlu dipertimbangkan.

7. Kursi pesawat

Perjalanan internasional merupakan faktor risiko penularan. Jadi usahakan bersihkan kursi Anda sebelum lepas landas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini