Sederet Obat Alami untuk Pertolongan Pertama Lawan Flu, Ada di Dapur Kok

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 28 September 2020 16:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 28 481 2284964 sederet-obat-alami-untuk-pertolongan-pertama-lawan-flu-ada-di-dapur-kok-1PwAOYw7dq.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BANYAK orang kerap salah mengartikan antara penyakit flu dan pilek. Padahal, flu dan pilek adalah dua kondisi kesehatan yang berbeda.

Pilek umumnya muncul secara bertahap dengan gejala yang lebih ringan, sehingga tidak terlalu berdampak kepada rutinitas pengidapnya. Sedangkan flu biasanya lebih parah, sehingga bisa mengganggu aktivitas pengidapnya. Di samping itu, masa inkubasi flu juga lebih singkat.

Nah, agar tidak semakin parah, flu memang harus diobati secara cepat. Alih-alih menggunakan obat-obat, kenapa tidak mencoba memanfaatkan rempah-rempah yang ada di dapur untuk menghilangkan flu. Lalau apa saja bahan dapur yang bisa jadi obat flu? Dilansir dari laman Solopos, berikut ulasannya.

Air Garam

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa air garam dapat membantu mencegah gejala pilek agar tidak semakin parah. Larutan air garam mampu mencairkan lendir yang menempel pada hidung dan tenggorokan.

Cara meraciknya yakni dengan melarutkan setengah sendok air garam ke dalam satu gelas air hangat. Kemudian kumurlah larutan air garam tersebut selama 30 hingga 60 detik lalu buang. Larutan ini tidak dianjurkan untuk ditelan.

obat flu

Jahe

Jahe mengandung zat anti-bakteri dan anti-virus yang berkhasiat mengatasi influenza yang sedang Anda derita. Untuk mengobati flu, Anda perlu menggeprek setidaknya 1-2 buah jahe, lalu rebus hingga mendidih. Kemudian minumlah air rebusan jahe tersebut selagi dalam keadaan hangat. Jahe hangat bisa membantu mengencerkan dahak dan melegakan pernapasan, sekaligus menghangatkan tubuh.

Kencur

Kencur memiliki kandungan senyawa flavonoid, saponin, polifenol, dan minyak atsiri yang dipercaya sebagai ant-bakteri. Mirip dengan jahe, kencur juga memiliki khasiat untuk meredakan flu.

Cara meraciknya pun mudah, Anda tinggal menggeprek kencur yang sudah dibersihkan, lalu direndam dalam air panas. Minumlah air rebusan kencur tersebut dalam keadaan hangat kuku. Jika tak sempat meraciknya sendiri, Anda dapat membeli jamu kencur herbal. Untuk proses lebih cepat dan baik, dianjurkan untuk meminum jamu kencur sebanyak dua kali dalam sehari.

Bawang Merah

Bawang merah mengandung phytochemical dan anti-bakteri yang berkhasiat mengatasi flu dan batuk. Cukup dengan mengiris atau menghaluskan bawang merah, lalu menghirup aromanya, maka pernapasan akan lega.

Lada

Dikutip dari laman polahidupsehat, lada disebut memiliki rasa yang sedikit pahit, pedas, hangat, dan antipiretik. Untuk mengonsumsinya sebagai obat flu, Anda dapat menambahkan lada ke dalam masakan yang akan dikonsumsi. Misalnya sup atau masakan berkuah lainnya. Rasa pedas yang dikeluarkan dari lada akan melegakan hidung dan tenggorokan.

Cabai

Bagi pencinta pedas, cabai menjadi komponen penting di dalam masakan yang berkhasiat meredakan flu. Munculnya rasa pedas dari cabai mampu meredakan sistem pernapasan di hidung dan tenggorokan Anda.

Cabai kaya akan vitamin C yang tentunya mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Virus yang ada di dalam tubuh mampu ditangkal dengan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan. Cabai juga dapat mengencerkan lendir yang menyumbat saluran pernapasan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini