7 Tips Menjaga Kesehatan Mental saat Pandemi Covid-19

Felix Refialdo Handono, Jurnalis · Senin 28 September 2020 16:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 28 481 2284990 7-tips-menjaga-kesehatan-mental-saat-pandemi-covid-19-YpwxnRd56a.jpg (Foto: Health Europa)

Tidak terasa sudah setengah tahun pandemi Covid-19 ini dialami oleh masyarakat Indonesia. Sudah begitu banyak upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam mencegah penularan dari virus corona ini.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dan masyarakat diimbau agar tetap di rumah serta bekerja dari rumah (work from home).

Di masa pandemi seperti sekarang ini, masyarakat akan cenderung menghabiskan waktunya untuk berdiam di rumah saja yang mengakibatkan jarangnya bersosialisasi dan setiap harinya secara terus menerus hanya mendengar berita mengenai covid-19.

Dengan terjadinya hal seperti ini akan berdampak pada kesehatan mental seperti meningkatnya rasa kecemasan dan stres.

Seperti dilansir dari Metro, berikut cara menjaga kesehatan mental pada saat pandemi seperti sekarang ini.

1. Lakukan kegiatan yang sesuai dengan hobi Anda

Praktisi TCM, Ada Ooi mengatakan bahwa melakukan hobi akan membantu menstimulasi pikiran Anda dan mengisi waktu. Dengan Anda melakukan hobi dapat mengisi waktu kekosongan yang dapat membantu Anda dalam menghilangkan rasa stres di dalam diri Anda.

2. Detoksifikasi digital

Dengan Anda mulai mencoba mengurangi aktivitas yang berkaitan dengan ponsel Anda dan menghindari informasi secara terus menerus mengenai covid-19, ini dapat membantu Anda dalam mengurangi rasa kecemasan yang disebabkan oleh terlalu banyak mengkonsumsi berita terkait dengan covid-19.

3. Berlatihlah untuk selalu bersyukur

Dengan melatih pikiran Anda untuk selalu bersyukur, hal ini dapat mengarahkan otak Anda pada pola pikir yang positif. Dengan berfikir yang selalu positif, hal ini dapat membantu Anda dalam menenangkan hati Anda agar tidak merasa cemas yang berlebihan.

 Tidak terasa sudah setengah tahun pandemi Covid-19 ini dialami oleh masyarakat Indonesia.

Baca juga: 7 Benda yang Bisa Sebarkan Covid-19, Apa Saja?

4. Carilah udara segar

Dengan Anda dapat menghirup udara segar, hal ini dapat membantu Anda dalam memberikan ketenangan di dalam diri Anda.

5. Olahraga

Dengan berolahraga dapat melepaskan endorphin yang sangat penting dalam meningkatkan suasana hati Anda dan dapat membantu menenangkan pikiran dari stres.

6. Buat rencana untuk keseharian Anda

Sebagai manusia perlu adanya rencana (planning) untuk mengisi waktu luang Anda. Hal ini dapat mengurangi rasa stres dan kecemasan yang ada dalam diri Anda.

7. Jagalah kesehatan Anda

Menjaga kesehatan fisik dapat membantu kesehatan mental Anda. Hal ini dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi vitamin yang dapat meningkatkan imunitas tubuh dan rajin dalam berolahraga.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini