Dokter Ungkap Cara Mudah agar BAB Tidak Bau, Buktikan Yuk!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 28 September 2020 18:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 28 481 2285104 dokter-ungkap-cara-mudah-agar-bab-tidak-bau-buktikan-yuk-LhjfNmkK2e.jpg Ilustrasi (Foto : Medicaldaily)

Jika selama ini Anda penasaran apakah buang air besar (BAB) atau aroma poop bisa tidak bau, maka jawaban atas kegelisahan Anda kini terjawab. Ya, ada cara yang bisa Anda lakukan agar aroma poop tidak berbau busuk.

Dijelaskan dalam laman Men's Health, Ahli Gastroenterologi Sameer Islam, MD, mengatakan bahwa hal pertama yang mesti diperhatikan agar aroma tinja tidak bau adalah makanan yang Anda konsumsi. Apa yang Anda makan memiliki peran yang sangat besar dalam menentukan aroma poop Anda.

"Sebisa mungkin untuk mengurangi konsumsi makanan seperti telur, bawang putih, kacang polong, dan produk susu yang mana semua itu sulit dicerna dan dapat membuat gas dalam perut. Pada akhirnya, makanan tersebut membuat tinja Anda sangat bau," kata dr Islam.

Ia menekankan bahwa tidak kemudian Anda meninggalkan makanan tersebut, karena bagaimana pun sumber makanan di atas sangat baik untuk kesehatan tubuh. "Yang bisa dilakukan adalah menguranginya jika dirasa poop Anda yang bau mengganggu Anda," sarannya.

BAB

Di sisi lain, bisa saja poop Anda beraroma sangat bau karena masalah di dalam sistem pencernaan. Masalah infeksi yang menyebabkan poop beraroma tak sedap adalah infeksi virus Clostridioides difficile yang menyebabkan Celiac, kolitis, ulserativam dan penyakit Crohn.

Jadi, ketika ada bakteri jahat tersebut di usus besar, maka nutrisi yang terkandung di dalam makanan bertemu dengan bakteri penyakit tersebut, menyebabka kotoran berbau sangat tidak sedap. "Kalau Anda tidak punya masalah kesehatan, mungkin saja poop yang bau dikarenakan suplemen atau obat-obatan yang Anda konsumsi. Bahkan tingkat stres juga bisa membuat tinja sangat bau," sambungnya.

Baca Juga : Wika Salim Tampil Shining Pakai Dress, Netizen: Kinclong Kayak Batu Giok!

Dokter Islam menambahkan, Anda mesti mengurangi konsumsi makanan olahan karena jenis panganan tersebut tidak memberi efek baik ke tubuh. Selain tidak sehat, makanan tersebut rupanya memengaruhi kesehatan usus Anda dan pada akhirnya membuat poop pun beraroma tidak sedap.

"Jika masalah poop yang sangat bau berlanjut terus menerus, disarankan agar Anda datangi fasilitas kesehatan. Perlu dicatat juga bahwa tinja tidak akan pernah mengeluarkan aroma sewangi bunga mawar," ujarnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini