5 Manfaat Menanam Tanaman Selama Pandemi Covid-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 28 September 2020 15:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 28 612 2284987 5-manfaat-menanam-tanaman-selama-pandemi-covid-19-e8264wNzyD.jpg Menanam tanaman (Foto: Gardenista)

Menanam tanaman hijau menjadi salah satu aktifitas yang paling sering dilakukan masyarakat selama pandemi Covid-19. Alhasil sebagian tanaman hias diburu sebagai teman yang asik saat berada di rumah.

Sekadar informasi, memelihara tanaman hias di rumah memiliki kontribusi dalam upaya mengurangi polusi udara. Tanaman ini juga berperan untuk mengatasi Sick Building Syndrome yang digunakan untuk menggambarkan gejala orang sehat yang bekerja di gedung komersial besar.

 menanam tanaman

Biasanya orang yang mengalami Sick Building Syndrome memiliki gejala, alergi mendadak seperti iritasi pada mata, hidung, dan tenggorokan, sakit kepala, pusing, dan kelelahan hidung tersumbat, sinus, dan gangguan sistem saraf.

"Ketika penghuni gedung pergi untuk waktu tertentu, gejala biasanya berkurang, hanya untuk berulang setelah masuk kembali ke dalam gedung,” ungkap seorang Ilmuwan terkemuka dalam Studi Udara Bersih NASA, dr. Bill Wolverton, melansir The Sill, Minggu (27/9/2020).

Selain dapat mengurangi polusi udara, masih ada beberapa keuntungan lain dari menanam tanaman di rumah, terlebih saat pandemi Covid-19.

1. Meningkatkan suasana hati, produktivitas, konsentrasi, dan kreativitas.

2. Mengurangi stres, kelelahan, sakit tenggorokan dan masuk angin.

3. Membersihkan udara dalam ruangan dengan menyerap racun, meningkatkan kelembapan, dan memproduksi oksigen.

4. Membuat kondisi rumah menjadi steril, berikan privasi, dan kurangi tingkat kebisingan

 Baca juga: 5 Tanda Mantan Pacar Mau Balikan Tapi Gengsi

5. Memiliki sifat terapeutik dan lebih murah daripada menjalani terapi.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini