Hasil Penelitian Sebut Pria Jomblo Badannya Lebih Bau, Kenapa Ya?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 28 September 2020 19:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 28 612 2284996 hasil-penelitian-sebut-pria-jomblo-badannya-lebih-bau-kenapa-ya-SjiTlMVlq8.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

TIDAK memiliki pasangan, bukan berarti tidak menjaga penampilan dan kesehatan tubuhnya, apalagi untuk pria. Memang, pria yang lajang kadang tidak peduli pada penampilannya, apalagi jika mereka tidak memiliki rencana untuk bertemu dengan lawan jenisnya.

Memang anggapan tersebut tidak 100 persen benar. Tapi ternyata, mereka yang masih belum memiliki pasangan kebanyakan memiliki aroma tubuh yang kurang sedap.

Nah, sebuah penelitian menjelaskan, pria lajang memang memiliki aroma tubuh yang kurang sedap. Studi ini diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Psychology. Dalam penelitian tersebut dikonfirmasi, pria tanpa pasangan benar-benar berbau lebih buruk daripada rekan mereka yang menjalin hubungan serius.

Para peneliti dari Macquarie University di Australia meminta 82 wanita heteroseksual untuk mengendus ketiak berkeringat dari sekelompok pria yang berpasangan dan tidak berpasangan. Benar saja, pria yang belum memiliki pasangan dengan rentang usia antara 18 hingga 35 tahun, secara konsisten dinilai lebih tinggi skala kebauan tubuhnya.

bau badan

Namun, penelitian ini menjelaskan kalau bau tidak sedap tersebut karena mereka tidak menjaga kebersihan dengan baik. Meskipun sudah menjaga kebersihan, tetapi bau yang dimiliki akan berbeda.

"Hal ini lantaran pria yang tidak berpasangan menghasilkan lebih banyak testosteron daripada pria yang berpasangan," tulis penelitian tersebut.

Ya, memang kadar hormon laki-laki yang lebih tinggi dikaitkan dengan bau badan yang lebih kuat, yang dapat menjelaskan ciri khas pria lajang. Jadi, dapat dikatakan kalau pria yang jomblo biasanya memiliki jumlah testosteron yang tinggi dan ini yang membuat mereka lebih bau dibanding pria yang punya pasangan.

Sementara itu, indera pada wanita juga sering menilai wajah pria jomblo biasanya lebih "maskulin" daripada pria yang terikat hubungan. Ini kemungkinan karena kadar testosteron yang meningkat dan tampaknya memabukkan juga.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini