Ini Minuman Buah Segar yang Cocok saat Cuaca Panas, Mudah Buatnya

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 29 September 2020 22:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 29 298 2285855 ini-minuman-buah-segar-yang-cocok-saat-cuaca-panas-mudah-buatnya-rUqi1NqLAY.jpg Ilustrasi es buah leci. (Foto: Instagram @banususanto)

KETIKA badan sedang lelah, ditambah cuaca cukup panas, meminum minuman segar memang terasa nikmat sekali. Banyak varian minuman segar yang ada di sekitar kita saat ini, mulai dengan pelengkap soda hingga ada buahnya.

Namun lebih enak kalau membuat sendiri minuman segar itu. Tentunya harus memiliki resep dan bahan-bahan yang mudah ditemui.

Baca juga: Siang-Siang Enaknya Minum Es Buah Segar, WFH Makin Semangat 

Kalau Anda punya stok buah kalengan, bisa membuat minuman segar ala resto yang rasanya tidak kalah lezat. Cara pengolahannya juga sangat sederhana. Cukup mencampurkan buah kalengan dengan beberapa bahan tambahan, lalu sajikan dengan es batu.

Salah satu minuman tersebut adalah es buah leci. Minuman ini disebut-sebut sangat efektif untuk menyegarkan suasana siang hari yang panas.

Berikut resep dan cara membuatnya, sebagaimana dikutip dari buku '100 Resep Sajian Favorit ala Resto untuk Jamuan Gaya Metropolitan' karya Albertin Hoesni.

Es Buah Leci

Bahan:

- ½ klg buah leci

- ½ klg buah rambutan

- 500 ml air

- 3 sdm sagu mutiara

- Es yang telah dihancurkan, secukupnya

- 125 ml santan kental yang telah dimasak, dinginkan

- 4 sdm susu kental manis

- daun mint untuk hiasan

Baca juga: Resep Es Alpukat Susu untuk Buka Puasa, Segar Banget! 

Cara Membuat:

1. Tiriskan buah leci dan rambutan, sirup buahnya jangan dibuang.

2. Rebus air dengan sagu mutiara hingga mendidih, rebus dengan api sedang selama 15 menit sambil sesekali diaduk hingga sagunya transparan. Angkat dari api dan siram dengan air dingin, sisihkan.

3. Penyajian, tuang 1 sdm sagu mutiara matang ke dalam gelas, beri es, 2 sdm santan, leci, dan rambutan. Tuang 2 sdm sirup dari buah dan 1 sdm susu kental manis di atasnya, hiasi dengan daun mint. Hidangkan dalam keadaan dingin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini