Studi: Batang Nanas Berpotensi Jadi Obat Penangkal Covid-19

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 29 September 2020 13:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 29 481 2285434 studi-batang-nanas-berpotensi-jadi-obat-penangkal-covid-19-C2cb9zqAey.jpg Batang nanas berpotensi jadi penangkal Covid-19 (Foto : Guardian)

Para ilmuwan telah membuat langkah besar dalam mencari obat alami untuk Covid-19. Mereka menemukan, bahwa batang nanas yang kaya kandungan bromelain dan dapat mengobati seseorang yang terinfeksi virus tersebut.

Dilansir dari laman Guardian, hasil penelitian terbaru dari Amerika Serikat tersebut menunjukkan, batang nanas kaya bromelain (Ananas comosus). Kandungan itu dapat digunakan sebagai agen antivirus melawan Covid-19, serta mengantisipasi bila wabah ini muncul lagi di masa depan.

Kemudian dalam sebuah penelitian bertajuk “Bromelain Menghambat Infeksi SARS-CoV-2 pada Sel VeroE6” yang dipublikasikan pada 17 September 2020 di jurnal bioRxiv, menyebutkan vitamin C yang ada dalam buah nanas terdapat kandungan bromelain, yang telah disebutkan tadi zat ini dapat menangkal virus.

Nanas

"Buah ini kaya akan vitamin C, asam askorbat hadir pada 24,4 hingga 96,3 mg persen: ada di daun muda segar juga pada 29,4 mg persen (19)," kata penelitian tersebut.

Baca Juga : Cantiknya Amanda Manopo Pakai Dress Kupu-Kupu, Bang Billy: Baby I Like It

Penelitian sebelumnya juga telah menunjukkan, bahwa bromelain dapat digunakan untuk mengobati pasien yang mengalami peradangan dan nyeri. Serta senyawa tersebut terserap dengan baik dan dengan aktivitas biologis yang berkepanjangan. Semua keuntungan ini dapat dimanfaatkan saat merawat pasien Covid-19.

Selain itu. Ilmuwan juga menemukan, jus nanas mengandung beberapa bahan aktif yang dapat menggugurkan sesuatu. Misalnya kepada seorang wanita hamil, nanas dapat menghasilkan efek kontraktil rahim dan dapat menyebabkan keguguran.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini