Agar Tak Gampang Sakit, Yuk Lakukan 5 Cara Ini untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 29 September 2020 13:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 29 481 2285473 agar-tak-gampang-sakit-yuk-lakukan-5-cara-ini-untuk-tingkatkan-imunitas-tubuh-PyRW9feCdl.jpg Olahraga agar sehat (Foto: CLH)

Di masa pandemi Covid-19, menjaga kesehatan merupakan hal yang lebih penting untuk dilakukan. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan adalah dengan meningkatkan imunitas tubuh.

Jika imunitas tubuh dalam keadaan baik, maka tubuh Anda pun lebih kuat untuk melawan virus di tubuh. Pada akhirnya, Anda pun jadi jarang sakit.

Oleh karena itu, melansir Houston Methodist pada Selasa (29/9/2020), berikut 5 cara untuk meningkatkan imunitas tubuh.

 makan sehat

1. Pertahankan pola makan yang sehat

Seperti kebanyakan hal di tubuh Anda, diet sehat adalah kunci sistem kekebalan yang kuat. Ini berarti memastikan Anda makan banyak sayuran, buah-buahan, polong-polongan, biji-bijian, protein tanpa lemak dan lemak sehat.

Selain menyediakan energi yang dibutuhkan sistem kekebalan tubuh Anda, diet sehat dapat membantu memastikan Anda mendapatkan jumlah mikronutrien yang cukup yang berperan dalam menjaga sistem kekebalan Anda, termasuk:

- Vitamin B6, ditemukan dalam ayam, salmon, tuna, pisang, sayuran hijau dan kentang (dengan kulitnya)

- Vitamin C, ditemukan dalam buah jeruk, termasuk jeruk dan stroberi, serta tomat, brokoli, dan bayam

- Vitamin E, ditemukan dalam almond, minyak bunga matahari dan safflower, biji bunga matahari, selai kacang dan bayam

Karena para ahli percaya bahwa tubuh Anda menyerap vitamin dengan lebih efisien dari sumber makanan, daripada suplemen, cara terbaik untuk mendukung sistem kekebalan Anda adalah dengan makan makanan yang seimbang.

 

2. Olahraga secara teratur

Aktivitas fisik tidak hanya untuk membangun otot dan membantu diri Anda menghilangkan stres. Ini juga merupakan bagian penting dari kesehatan dan mendukung sistem kekebalan yang sehat.

Salah satu cara olahraga dapat meningkatkan fungsi kekebalan adalah dengan meningkatkan sirkulasi darah Anda secara keseluruhan, sehingga lebih mudah bagi sel-sel kekebalan dan molekul pelawan infeksi lainnya untuk bergerak lebih mudah ke seluruh tubuh Anda.

Faktanya, penelitian telah menunjukkan bahwa melakukan olahraga sedang hingga berat minimal 30 menit setiap hari dapat membantu merangsang sistem kekebalan Anda. Ini berarti penting untuk fokus untuk tetap aktif dan berolahraga secara teratur.

 Baca juga: Cantiknya Amanda Manopo Pakai Dress Kupu-Kupu, Bang Billy: Baby I Like It

3. Tidur cukup

Tidur tentu saja tidak terasa seperti proses aktif, tetapi ada banyak aktivitas penting yang terjadi dalam tubuh Anda saat Anda tidak bangun, bahkan jika Anda tidak menyadarinya. Misalnya, molekul penting melawan infeksi dibuat saat Anda tidur.

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang tidak mendapatkan kualitas tidur yang cukup lebih rentan sakit setelah terpapar virus, seperti virus yang menyebabkan flu. Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, penting guna mengetahui berapa lama Anda harus tidur setiap malam, serta langkah-langkah apa yang harus diambil jika tidur Anda sangat buruk.

4. Kurangi stres

Stres itu seringkali datang tiba-tiba. Oleh karena itu, penting untuk memahami bagaimana stres memengaruhi kesehatan Anda, termasuk dampaknya pada sistem kekebalan tubuh Anda.

Selama periode stres, terutama stres kronis yang sering terjadi dan berlangsung lama, tubuh Anda merespons dengan memulai respons stres. Respons stres ini, pada gilirannya, menekan sistem kekebalan Anda, meningkatkan kemungkinan Anda terkena infeksi atau penyakit.

5. Pastikan tubuh tetap terhidrasi


Air memainkan banyak peran penting dalam tubuh Anda, termasuk mendukung sistem kekebalan Anda. Cairan dalam sistem peredaran darah Anda yang disebut getah bening, yang membawa sel-sel kekebalan penting yang melawan infeksi ke seluruh tubuh Anda, sebagian besar terdiri dari air. Dehidrasi memperlambat pergerakan getah bening, terkadang menyebabkan gangguan sistem kekebalan.

Bahkan jika Anda tidak berolahraga atau berkeringat, Anda terus-menerus kehilangan air melalui napas, serta melalui urine dan buang air besar. Untuk membantu mendukung sistem kekebalan Anda, pastikan Anda mengganti air yang hilang dengan air yang dapat Anda gunakan, yang dimulai dengan mengetahui berapa banyak air yang benar-benar Anda butuhkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini