Jangan Takut, Gagal Jantung Bisa Dicegah dengan Cara Ini

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 29 September 2020 13:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 29 481 2285494 jangan-takut-gagal-jantung-bisa-dicegah-dengan-cara-ini-z3T87Npq20.jpg Menderita sakit jantung (Foto: Insider)

Gagal jantung merupakan penyakit yang sangat menakutkan. Sebab pasien yang memiliki penyakit gagal jantung memiliki angka harapan hidup sekira 50% saja. Sementara pasien rawat inap, angka kematiannya bahkan lebih tinggi yakni 17-20%.

Meski demikian gagal jantung sebenarnya bisa dicegah sejak dini. Dokter Spesialis Jantung, dr. Siti Elkana Nauli SpJP mengatakan, mengendalikan faktor risikonya, yaitu hipertensi, penyakit jantung koroner, dan diabetes bisa menjadi cara yang ampuh.

mencegah gagal jantung

“Pemilihan obat untuk pasien sejak awal terdiagnosis harus tepat, entah itu pasien hipertensi, diabetes, atau penyakit jantung koroner,” ungkap dr. Siti, dalam siaran pers yang diterima Okezone, Selasa (29/9/2020).

Jika pasien memiliki faktor risiko gagal jantung, maka dicegah untuk tidak menjadi gagal jantung. Caranya dengan memberikan terapi terbaik, sebab mekanisme gagal jantung itu sangat kompleks melibatkan banyak jalur.

“Meksipun SGLT2 belum diketahui bisa menghambat (proses terjadinya gagal jantung) dari jalur mana, namun dari penelitian terbukti efeknya sangat positif untuk pasien gagal jantung, baik disertai diabetes maupun tanpa diabetes,” tambahnya.

Bila pasien diabetes, hipertensi maupun penyakit jantung koroner saat terdiagnosis pertama kali sudah memiliki gejala awal gagal jantung. Dokter Siti menyarankan, untuk memberikan terapi agresif dengan tujuan memperbaiki kualitas hidupnya akan mencegah perawatan rumah sakit berulang.

 Baca juga: Cantiknya Amanda Manopo Pakai Dress Kupu-Kupu, Bang Billy: Baby I Like It

“Dengan begitu kualitas hidup pasien membaik dan tidak berkembang menjadi gagal jantung tahap akhir,” tuntasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini