Khasiat Belimbing, Cegah Kanker hingga Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 29 September 2020 15:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 29 481 2285593 khasiat-belimbing-cegah-kanker-hingga-meningkatkan-kekebalan-tubuh-A3KizQcZOr.jpg (Foto: Parade)

Buah yang kita konsumsi memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Salah satu buah yakni belimbing. Buah ini ternyata memiliki banyak manfaat, antara lain mencegah kanker hingga meningkatkan kekebalan tubuh.

Belimbing kaya akan serat dan antioksidan. Buah ini juga memiliki kalsium, vitamin, sodium, kalori dan lain sebagainya.

Dilansir dari Boldsky, Okezone akan membahas mengenai delapan manfaat yang diperoleh tubuh apabila mengonsumsi belimbing setiap hari.

Cegah kanker

Para peneliti menemukan bahwa belimbing merupakan buah antikanker yang manjur. Ini mengandung senyawa polifenol yang mampu melawan efek mutagenik dari radikal bebas serta menghilangkannya dari tubuh untuk mencegah kanker hati.

Selain itu, buah berbentuk bintang ini mengandung banyak serat yang membantu membersihkan usus besar, sehingga menurunkan risiko kanker usus besar.

Menjaga kesehatan jantung

Buah belimbing memiliki banyak kalium dan natrium, yang membantu dalam menjaga tekanan darah. Tingkat tekanan darah normal sangat penting untuk menjaga jantung berfungsi dengan baik dan juga memastikan detak jantung teratur dan aliran darah yang sehat.

Memperbaiki sistem pencernaan

Serat sangat penting untuk menjaga saluran pencernaan Anda tetap sehat. Buah ini merangsang pergerakan tinja melalui saluran pencernaan yang mengurangi sembelit, kram, diare dan kembung.

Selain itu, meningkatkan penyerapan nutrisi dan bioavailabilitas vitamin dan mineral penting lainnya. Belimbing memiliki sifat anti-peradangan yang dapat mengobati bisul perut juga.

 Buah yang kita konsumsi memiliki manfaat yang baik untuk tubuh.

Baca juga: Hindari Penggunaan Air Mendidih untuk Menyeduh Teh, Ini Alasannya

Bantu turunkan berat badan

Belimbing hanya mengandung 31 kalori yang tidak akan membahayakan peningkatan berat badan Anda. belimbing juga memiliki serat yang membuat perut Anda kenyang. Hal ini dapat membantu mempercepat metabolisme Anda yang membantu mengurangi berat badan ekstra. Semakin tinggi metabolisme, semakin banyak kalori yang Anda bakar dan semakin mudah menurunkan berat badan.

 

Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan besar vitamin C dalam buah belimbing membuatnya sangat baik dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan melawan batuk, demam, bisul dan sakit tenggorokan secara efektif. Menambahkan potongan belimbing ke smoothie akan menjaga sistem kekebalan tubuh berfungsi pada tingkat tinggi dan juga meningkatkan produksi sel darah putih.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini