Ketahui Bahaya Minum Kopi Bila Dikonsumsi Setiap Hari

Agregasi Hellosehat.com, Jurnalis · Selasa 29 September 2020 16:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 29 481 2285617 ketahui-bahaya-minum-kopi-bila-dikonsumsi-setiap-hari-xuSidXl7v6.jpg Kopi (Foto: Okezone)

Kopi menjadi hidangan minuman yang disajikan ketika di pagi atau sore hari. Kopi bisa memberikan rasa segar pada tubuh dan boleh jadi mengurangi kantuk.

Bila Anda minum kopi setiap hari, apakah ada bahaya yang mengintai? Banyak studi yang telah mengamati manfaat kopi untuk kesehatan tubuh. Steven Rothschild, MD, seorang pendiri Rush University Family Physicians, menjelaskan berbagai manfaat kopi untuk kesehatan.

Biji kopi mengandung banyak senyawa antioksidan yang dapat membantu mencegah berbagai penyakit, seperti masalah pada liver, penyakit Parkinson, dan demensia.

Meskipun membawa manfaat yang cukup melimpah, minum kopi setiap hari bisa mendatangkan efek samping yang berbahaya bagi tubuh.

Masalah pada gigi dan gusi

Selain lambung, bahaya dari ngopi setiap hari juga menyerang gigi dan gusi. Kopi yang biasanya diminum cenderung mengandung banyak gula dan tanin yang asam. Keduanya dapat mengikis lapisan pelindung gigi (enamel) secara perlahan.

Selain itu, kopi juga menyebabkan warna gigi menjadi kekuningan dan membuat plak semakin lengket menempel di gigi. Jika kebiasaan ini terus dilakukan tanpa memerhatikan kebersihan gigi, masalah gigi dan gusi bisa terjadi.

Aktivitas harian terganggu

Selain dikagumi karena rasanya, banyak orang yang sengaja minum kopi setiap hari untuk menghilangkan rasa kantuk. Kopi mengandung kafein yang bisa meningkatkan kewaspadaan sehingga otak jadi lebih fokus dan kerja jadi lebih produktif.

Sayangnya, bahaya dari minum kopi setiap hari adalah munculnya kegelisahan dan kecemasan. Apalagi jika diminum pada waktu yang salah, seperti sore atau malam hari. Akibatnya, seseorang bisa jadi sulit tidur dan bangun dengan tubuh kelelahan.

Kopi juga dapat menyebabkan ketergantungan. Jika Anda terbiasa minum kopi setiap hari, tubuh akan terbiasa dengan adanya kafein. Apabila kebiasaan ini terlewat satu hari saja, tubuh akan menunjukkan gejala ‘penarikan kafein’. Biasanya hal ini akan menimbulkan sakit kepala, mood jelek, dan perasaan seperti bingung.

 Kopi menjadi hidangan minuman yang disajikan ketika di pagi atau sore hari.

Baca juga: Hindari Penggunaan Air Mendidih untuk Menyeduh Teh, Ini Alasannya

Meningkatkan risiko penyakit jantung pada orang tertentu

Salah satu bahaya dari minum kopi setiap hari adalah meningkatnya risiko penyakit jantung. Dalam studi tersebut, dua cangkir kopi atau lebih setiap harinya dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Risiko ini kemungkinan besar terjadi pada orang dengan mutasi genetik tertentu. Mutasi gen tersebut membuat proses pemecahan kafein di dalam tubuhnya berjalan lebih lambat.

Mengancam kesehatan lambung

Coba Anda ingat-ingat kembali, rasa apa yang muncul setelah Anda minum kopi? Mulut Anda kemungkinan akan terasa asam. Ya, kopi memiliki rasa asam sehingga sebaiknya dihindari oleh orang yang memiliki luka atau masalah di lambung.

Jika Anda punya kebiasaan ngopi setiap hari di waktu pagi, sistem pencernaan bisa terganggu. Apalagi jika Anda meminumnya saat perut masih kosong. Asam yang dimiliki kopi bisa memicu asam lambung.

Tanpa adanya makanan, cairan asam yang telanjur keluar tidak terpakai untuk mencerna makanan. Akhirnya, asam lambung pun menggenang di lambung. Akibatnya, cairan asam yang bersifat korosif ini bisa merusak lapisan lambung jika terjadi secara terus-menerus.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini