Ternyata Kondisi Kuku Bisa Ungkap Penyakit, Apa Saja?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 29 September 2020 16:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 29 481 2285629 ternyata-kondisi-kuku-bisa-ungkap-penyakit-apa-saja-LRlDbR2h0k.jpg (Foto: Steptohealth)

Pernahkah Anda berurusan dengan kuku yang kuning dan rapuh? Jika ya, maka itu mungkin sesuatu yang perlu dikhawatirkan.

Ini adalah beberapa tanda gangguan kesehatan yang mungkin tidak Anda sadari. Biasanya, dokter akan memeriksa kuku Anda sebagai salah satu langkah yang dapat mengingatkan dokter akan sesuatu yang spesifik tentang kesehatan Anda.

Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang apa yang kuku Anda katakan tentang kesehatan Anda, Anda perlu membaca lebih lanjut seperti dilansir dari Times of India.

Garis horizontal di seluruh kuku Anda

Lekukan horizontal yang melintasi kuku Anda dikenal sebagai garis Beau. Garis-garis ini bisa menjadi tanda kekurangan gizi dan terutama kekurangan zat seng.

Kondisi lain yang menyebabkan garis Beau adalah penyakit yang menyebabkan demam tinggi, diabetes, radang paru-paru dan penyakit pada pembuluh darah.

Jika ada garis hitam yang terlihat di bawah sebagian besar kuku, itu bisa menjadi tanda kanker kulit atau infeksi jantung.

Kuku yang terlihat lebih kuning dari biasanya

Kuku kuning biasanya bisa menunjukkan merokok kronis. Terkadang, kuku kuning juga bisa dikaitkan dengan usia.

Jika Anda adalah seseorang yang selalu mengecat kuku Anda hampir setiap saat, menguningnya kuku juga bisa disebabkan oleh pemakaian pernis kuku yang berkepanjangan. Biarkan kuku Anda bebas cat selama beberapa minggu dan lihat apakah warnanya berubah.

 Ternyata Kondisi Kuku Bisa Ungkap Penyakit.

Baca juga: Ketahui Bahaya Minum Kopi Bila Dikonsumsi Setiap Hari

Kuku terlihat dipukuli

Jika dalam waktu lama terjadi saturasi darah oksigen rendah, ujung kuku dapat membesar yang membuat kuku tampak seperti tongkat bundar.

Kuku jari tabuh biasanya terlihat pada orang yang menderita kelainan paru-paru. Kuku yang dipukul juga menunjukkan penyakit gastrointestinal seperti kolitis ulserativa.

Kuku kering, lemah atau retak

Kuku tipis dan rapuh biasanya disebabkan oleh kekurangan nutrisi terutama biotin dan protein. Stres juga dapat menyebabkan kuku rapuh karena ada malabsorpsi nutrisi oleh tubuh.

Konsumsilah makanan yang kaya zat besi, vitamin B kompleks, protein dan kalsium karena penting untuk kuku yang sehat.

Kuku menyerupai sendok

Kuku sendok terjadi saat kuku Anda menonjol keluar dan cenderung keluar seperti sendok. Kondisi ini menunjukkan tanda kekurangan zat besi dan penyakit jantung. Menyendok kuku juga bisa menjadi tanda gangguan hati yang menyebabkan terlalu banyak zat besi diserap dari makanan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini