Ikuti Cara Ini Supaya Anak-Anak Senang Berolahraga

Selasa 29 September 2020 22:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 29 481 2285841 ikuti-cara-ini-supaya-anak-anak-senang-berolahraga-P9ZIjFIHHS.jpg Ilustrasi olahraga anak. (Foto: Keith Johnston/Unsplash)

OLAHRAGA merupakan salah satu kegiatan yang wajib dilakukan setiap orang, mulai anak-anak hingga dewasa. Pasalnya, olahraga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Setiap bagian tubuh akan sehat usai melakukan olahraga. Kemudian pikiran juga bisa menjadi lebih segar.

Kemudian manfaat olahraga tidak hanya sehat dan bugar, tapi juga bisa menimbulkan kepribadian yang baik. Biasanya dari olahraga akan hadir jiwa yang disiplin, gigih, rendah hati, kerja sama, dan sportif.

Baca juga: Hadapi Pandemi Covid-19, Ade Rai Sarankan Olahraga dan Makan Sehat 

Lalu bagaimana caranya menimbulkan minat berolahraga kepada orang lain, terutama anak-anak? Apalagi anak-anak dikenal memiliki sifat moody yang jika sudah muncul susah sekali diarahkan.

Berikut ini caranya, sebagaimana dijelaskan Ketua Asosiasi Nutrisionis Olahraga dan Kebugaran Indonesia Mury Kuswari SPd MSi.

Biarkan Anak Memilih Olahraga yang Disukai

Jangan membatasi pilihan sang anak. Biasanya beberapa orang akan menentukan olahraga apa yang cocok untuk anaknya. Tapi, biarkanlah mereka memilih olahraga yang disukai. Jika anak suka, maka akan rutin melakukan olahraga tersebut.

Olahraga Minimal 30 Menit per Hari

Ajak anak berolahraga minimal 30 menit per hari. Paling tidak lakukan olahraga minimal sebanyak 3 kali dalam seminggu. Lakukan olahraga secara rutin dan konsisten untuk menjaga tubuh sang anak tetap sehat dan bugar.

"Anak yang rutin berolahraga akan memiliki kemampuan kognitif, mental, percaya diri yang baik, dan terhindar dari obesitas," jelas Mury beberapa waktu lalu.

Baca juga: Tips Olahraga Ringan ala Tantri Namirah 

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini