Bahaya Mandi Malam Hari, Picu Demam hingga Reumatik

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Selasa 29 September 2020 22:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 29 481 2285854 bahaya-mandi-malam-hari-picu-demam-hingga-reumatik-2yPugBSDgv.jpg (Foto: Pixabay)

Terkadang Anda harus pulang lebih malam karena lembur pekerjaan. Ketika berada di rumah, Anda mungkin sangat ingin membersihkan tubuh dan mandi.

Bila Anda memiliki kebiasaan ini, maka Anda perlu mengetahui bahwa mandi malam hari memiliki bahaya yang mungkin jarang diketahui. Sebagaimana dilansir dari Steemit, mandi di malam hari ternyata memiliki beberapa dampak negatif yang terjadi pada tubuh manusia.

Bisa Demam

Anda harus menyadari bahwa saat air dingin bersentuhan dengan pori-pori tubuh, maka panas tubuh akan mulai naik. Itu karena saat suhu tubuh panas laludi sirami air dingin, maka pori-pori yang terbuka ini akan membuat tubuh kita panas dan dingin seperti demam.

Penuaan Dini

Ternyata mandi malam juga dapat mempercepat penuaan dini pada kita. Beberapa orang mengatakan bahwa tubuh manusia tidak akan kuat menerima stimulasi air dingin ketika mereka mandi di malam hari, karena akan menghasilkan peningkatan metabolisme pada tubuh.

Oleh karena itu, tubuh sangat membutuhkan pasokan kalori dan juga oksigen yang cukup tinggi untuk menstabilkannya.

Asam Urat

Mandi malam dapat memicu sengaran gout atau merasakan sakit dan juga panas pada persendian terutama pada jari-jari kaki. Penyakit ini terjadi karena konsumsi zat purin yang besar dalam tubuh kita, sehingga kadar asam urat dalam tubuh akan meningkat.

Selain itu, mandi malam dapat membahayakan karena akan menyebabkan ginjal tidak mampu menampung atau membuang zat tersebut.

 Terkadang Anda harus pulang lebih malam karena lembur pekerjaan.

Baca juga: Studi: Batang Nanas Berpotensi Jadi Obat Penangkal Covid-19

Metabolisme Tubuh Terganggu

Jika sering mandi saat malam hari, Anda harus berhati-hati karena ini dapat mengganggu metabolisme tubuh. Pada malam hari, suhu tubuh kita cenderung mulai turun dan akan membutuhkan istirahat. Jika mandi dan pori-pori terbuka, maka air akan masuk ke tubuh kita dan menyebabkan gangguan pada hormon.

Reumatik

Peradangan sendi bisa terjadi ketika seseorang sering mandi di malam hari. Penyebab penyakit ini sendiri tidak begitu jelas, namun menurut para ahli, penyakit Reumatik disebabkan oleh kelainan genetik yang menyerang orang-orang yang produktif.

Namun jangan khawatir, penyakit ini tergolong tidak berbahaya. Jika Anda menderita Reumatik, dan memang harus mandi di malam hari, maka gunakanlah air hangat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini