5 Kesalahan yang Bikin Wajah Anda Makin Berminyak

Novia, Jurnalis · Selasa 29 September 2020 12:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 29 611 2285414 5-kesalahan-yang-bikin-wajah-anda-makin-berminyak-DXtSzHPBY0.jpg Wajah berminyak (Foto: Style Craze)

Orang dengan kulit berminyak tahu betapa sulitnya untuk merawat wajah mereka agar bebas dari minyak. Bahkan setelah mereka berusaha keras merawat wajahnya, sulit untuk membebaskannya dari minyak.

Jika Anda memiliki kulit berminyak, kemungkinan besar Anda melakukan beberapa kesalahan yang hanya membuat kulit Anda lebih berminyak. Apa saja?

 mencuci wajah

1. Terlalu sering mencuci muka

Orang dengan kulit berminyak perlu memahami bahwa membasuh wajah berulang kali tidak akan mempermudah kulit Anda menjadi kurang berminyak. Sebaliknya, cucilah hanya saat Anda merasa perlu dan mulai terasa terlalu berminyak. Berlebihan hanya akan jauh lebih merusak kulit Anda.

 

2. Tidak terhidrasi dengan baik

Ketika tubuh Anda tidak terhidrasi dengan baik, ia mengirimkan sinyal ke kelenjar untuk memicu lebih banyak produksi minyak untuk menyeimbangkan kelembapan. Kelenjar produksi minyak kemudian mencoba melumasi kulit, jika tidak ada air di tubuh Anda. Maka akan membuat kulit Anda berminyak menjadi lebih berminyak.

Baca juga: Cantiknya Amanda Manopo Pakai Dress Kupu-Kupu, Bang Billy: Baby I Like It

3. Tidak menggunakan pelembab

Jika menurut Anda tidak melembabkan wajah akan membantu mengatasi kulit berminyak, Anda salah. Melewatkan pelembab adalah larangan besar. Jika Anda menggunakan pembersih wajah atau toner pengontrol minyak, sangat penting untuk menggunakan hidrator.

Gunakan pelembap berbahan dasar air yang ringan yang bekerja dengan baik untuk kulit Anda agar tidak terlalu kering.

4. Memakai produk kecantikan yang berat

Terlalu sering menggunakan beberapa produk kecantikan yang berat atau menggunakan produk berbahan krim kental, hanya akan semakin menyumbat pori-pori Anda dan meningkatkan produksi minyak. Gunakan asam salisilat pada pencuci muka atau toner dengan bahan yang sama sehingga membantu mengontrol produksi minyak.

Jika Anda memiliki kulit yang sangat berminyak dengan pori-pori terbuka, Anda dapat menggunakan krim malam yang mengandung adapalene atau asam azelaic karena membantu mengontrol produksi minyak.

5. Anda sedang stres

Hormon yang bertanggung jawab untuk memproduksi minyak dalam tubuh Anda bisa sangat berfluktuasi selama kehamilan, menopause atau bahkan pubertas. Stres dapat meningkatkan level ini dan bila dikombinasikan dengan kortisol, dapat menyebabkan produksi sebum dan minyak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini