Ini 7 Macam Jenis Vitamin B yang Cocok untuk Kulit Bermasalah

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 29 September 2020 13:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 29 611 2285486 ini-7-macam-jenis-vitamin-b-yang-cocok-untuk-kulit-bermasalah-7NRBIYMHRr.jpg Perawatan kulit wajah (Foto: Times of India)

Semakin bertambahnya usia, kulit pun ikut menua. Oleh karena itu Anda perlu merawatnya dengan berbagai rangkaian skincare, baik yang alami maupun yang banyak dijual. Salah satu vitamin yang baik untuk perawatan kulit adalah vitamin B kompleks.

"Anda bisa menemukan skincare yang mengandung vitamin B kompleks pada rangkaian produk skincare," ujar Country Director Swissvita Indonesia Sean Lim dalam keterangan resminya beberapa waktu lalu.

 merawat kulit wajah

Ia mengatakan, skincare yang dapat mengatasi berbagai masalah kulit yaitu mengandung tujuh jenis vitamin B, yang terdiri dari vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B9, dan B12 atau disebut dengan VitaBTech.

Sementara itu, menurut dermatolog dr. Ruri Pamela, SpKK, vitamin B kompleks telah terbukti secara ilmiah ampuh untuk mengatasi berbagai masalah kulit.

"Setidaknya ada tujuh jenis vitamin B yang berfungsi untuk mengatasi masalah kulit," katanya.

Berikut ini tujuh macam vitamin B yang wajib Anda gunakan untuk merawat kulit yang bermasalah:

1. Vitamin B1 (Thiamin)

Berperan sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang lancar akan membawa oksigen dan nutrisi ke sel tubuh, termasuk kulit. Hasilnya, sel kulit akan terus beregenerasi dan membuat kulit menjadi lebih muda dan sehat.

2. Vitamin B2 (Riboflavin)

Merupakan jenis vitamin yang membantu menjaga kesehatan kulit dan mencegah peradangan pada kulit yang rentan berjerawat. Kekurangan vitamin B2 berhubungan dengan meradangnya jerawat. Selain itu, memiliki peran dalam sekresi mukus pada jaringan kulit yang membuat kulit tetap lembut. Vitamin ini bisa mencegah kondisi kulit, seperti eksim dan dermatitis.

3. Vitamin B3 (Niacinamide)

Berperan memperbaiki lapisan teratas kulit, yakni lapisan epidermis dalam menahan kelembaban. Mampu menghambat transfer pigmen ke sel kulit sehingga pembentuk flek hitam bisa diminimalisir. “Selain itu, dapat meningkatkan produksi kolagen yang membuat kulit semakin kenyal serta memudarkan noda hitam di wajah,” ujar dr. Ruri.

Baca juga: Cantiknya Amanda Manopo Pakai Dress Kupu-Kupu, Bang Billy: Baby I Like It


4. Vitamin B5 (Pantothenic acid)

Asam pantothenat terbukti mampu mengurangi pembentukan minyak dan mengurangi pembentukan jerawat. Vitaminnya memiliki efek moisturizing yang penting dalam memelihara barrier kulit, sehingga menjadikan kulit terasa lebih kenyal, sehat, dan menyamarkan tanda-tanda penuaan.

5. Vitamin B6 (Pyridoxine)

Dapat membantu pembentukan asam amino yang penting dalam memelihara barrier kesehatan kulit. “Sayangnya, pyridoxine ini dapat menyebabkan kulit mengalami peradangan atau sensitif terhadap bahan atau kandungan iritan/alergi”, kata dr. Ruri.

6. Vitamin B9 (Folic Acid)

Mengandung antioksidan yang dapat mencegah terjadinya akumulasi radikal bebas. Radikal bebas bila terakumulasi terus menerus bisa merusak kulit dan menyebabkan penuaan dini.

7. Vitamin B12 (Cobalamin)

Fungsinya berperan mencegah kemerahan atau peradangan pada kulit melalui mekanisme menghambat pembentukan radikal bebas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini