5 Cara Mencegah Jerawat Akibat Terlalu Sering Pakai Masker

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 29 September 2020 14:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 29 611 2285531 5-cara-mencegah-jerawat-akibat-terlalu-sering-pakai-masker-FYKotMMb5w.jpg Memakai masker (Foto: One Medical)

Memakai masker saat beraktivitas menjadi sebuah kebiasaan baru di masa Pandemi Covid-19. Mengenakan masker dipercaya dapat menurunkan risiko penularan Covid-19.

Namun, penggunaan masker yang terlalu sering juga memiliki efek samping seperti jerawat dan peradangan kulit. Karena itu, Ahli Bedah Kosmetik dan Anti Penuaan Dokter Geeta Grewal memberikan tips cara mencegah jerawat muncul akibat penggunaan masker, seperti dilansir dari Femina India pada Senin (28/9/2020).

 pakai masker

1. Pilih bahan masker

Selalu kenakan masker berbahan lembut yang tidak terlalu ketat dan tidak bergesekan dengan kulit Anda.

2. Gunakan losion

Jika Anda harus memakai masker dalam waktu lama, gunakan losion atau pelembab berbahan dasar asam azelaic, tisu asam salisilat, atau produk berbahan dasar asam mandelat dan asam glikolat.

Ingatlah selalu untuk menggunakan jumlah minimal karena ini adalah bahan aktif. Mengoleskannya dalam jumlah sedikit justru membuat produk dapat bekerja lebih efisien.

3. Menyeka wajah

Pastikan Anda menyeka, dan mengangin-anginkan wajah Anda jika memungkinkan jika Anda memakai masker dalam waktu lama.

Anda dapat menggunakan semprotan atau tisu berbahan asam salisilat. Berhati-hatilah agar tidak menggunakannya secara berlebihan karena dapat meningkatkan iritasi.

4. Gunakan teh chamomile

Isi botol semprotan wajah kecil dengan ekstrak teh chamomile atau ekstrak teh hijau dan gunakan bila memungkinkan untuk sifat menenangkannya. 

Ini juga akan membuat kulit Anda tenang dan terhidrasi. Semprotkan ke wajah saat Anda mulai merasa tidak nyaman.

Baca juga: Cantiknya Amanda Manopo Pakai Dress Kupu-Kupu, Bang Billy: Baby I Like It

5. Konsumsi makanan sehat

Seseorang harus mulai mengonsumsi makanan sehat dan mengurangi asupan karbohidrat olahan. Konsumsi lebih banyak sayuran berdaun hijau seperti bayam dan jus lemon jahe yang membantu membersihkan sistem pencernaan Anda.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini