Anak Kecanduan Makan Permen dan Kue Manis? Ini 5 Cara Mengakalinya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 29 September 2020 19:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 29 612 2285521 anak-kecanduan-makan-permen-dan-kue-manis-ini-5-cara-mengakalinya-66KYSwy0Pg.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

ANAK-ANAK memang membutuhkan asupan gula, lantaran mereka masih sangat aktif bergerak. Tapi, terlalu banyak memberi asupan gula juga bisa membuat anak ketagihan.

Akibatnya, jika terlalu banyak makan-makanan manis malah mengalami berat badan berlebih, dan mengalami obesitas. Sejumlah ahli bahkan terus memberi tahu kepada para orangtua agar mampu menjaga anak-anaknya dari makanan manis. Misalnya kue, permen, hingga cokelat atau susu yang mengandung pemanis buatan.

Tapi, tentu saja tidak mudah untuk melarang anak-anak tidak makan makanan manis tersebut. Nah, berikut beberapa cara supaya anak-anak tetap makan enak, tapi terbebas dari makanan manis, sebagaimana dikutip dari Independent.

makanan manis

Jadikan Makanan Manis sebagai pengganti

Anak yang kenyang pasti tidak memilih untuk ngemil. Tapi jangan larang mereka jika ingin melahap makanan ringan. Maka itu, orangtua sangat penting membiasakan anaknya makan yang benar dengan nutrisi seimbang.

Jika ingin ngemil, disarankan pilih buah segar setiap hari. Untuk biskuit dan cokelat, sesekali boleh diberikan sebagai variasi makanan ringan.

Ganti minuman manis dengan yoghurt

Saat berbelanja di supermarket jangan sengaja membeli banyak stok minuman kemasan yang cenderung manis. Lebih baik berikan anak-anak jus segar tanpa gula atau smoothie yang kaya rasa. Supaya bervariasi, tambahkan sekaleng kecil yoghurt bernutrisi.

Kreasikan makanan

Coba sejak kecil ajarkan anak supaya mau makan sayuran. Ada banyak kreasi menarik saat mengolah sayuran. Ibu harus pintar-pintar cek rekomendasi dari media sosial, seperti Pinterest. Jangan biarkan anak bosan makan sayuran dengan berbagai ide kreatif yang menggoda selera mereka.

Variasi makanan

Aneka makanan yang disajikan kepada anak-anak harus beragam. Ibu juga harus pintar mengombinasikan bahan makanan yang disukai anak-anak. Contohnya, berikan mereka kombinasi makanan sayuran dan buah yang beragam dengan sajian yang berbeda-beda.

Ajarkan makanan sehat

Sejak kecil, anak-anak belajar dari pengalaman dan kebiasaan di keluarganya. Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang tumbuh di kalangan keluarga suka makanan sehat, pasti akan mengikutinya. Ajarkan anak agar mau makan sehat setiap saat. Manfaatnya akan bisa dirasakan hingga dewasa dan dicontoh juga oleh keturunannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini