Jerawatan Setelah Olahraga? Kenali Penyebab Utamanya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 30 September 2020 09:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 29 612 2285852 jerawatan-setelah-olahraga-kenali-penyebab-utamanya-CckohLLLKC.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

OLAHRAGA memang harus dilakukan, terutama pada saat pandemi seperti ini. Pasalnya, dengan berolahraga kita bisa menjaga imunitas tubuh kita.

Tapi, bukan berarti kita hanya berolahraga saja, tanpa menjaga badan kita tetap bersih. Pasalnya, berkeringat saat berolahraga malah membuat jerawat berkembang loh, baik di wajah maupun punggung.

Lalu, harus bagaimana mencegah jerawat muncul setelah berolahraga? Melansir dari Healthline, ada beberapa hal yang harus dilakukan agar tidak ada jerawat tumbuh setelah olahraga.

Mandi setelah olahraga

Mandilah setelah berolahraga untuk menghilangkan keringat, minyak, kotoran, dan bakteri yang mungkin menumpuk. Elizabeth M. Damstetter merekomendasikan menggunakan pembersih wajah dan tubuh yang mengandung benzoil peroksida untuk membersihkan kulit yang rentan berjerawat.

Benzoil peroksida dapat mengurangi jumlah bakteri penyebab jerawat yang disebut Cutibacterium acnes. Jika benzoil peroksida terlalu keras untuk kulit, Anda dapat menggunakan pembersih lembut atau air misel bebas minyak untuk menghilangkan bakteri dan minyak setelah olahraga. Jika tidak mungkin untuk mandi setelah latihan, setidaknya harus mencuci muka.

olahraga

Kenakan pakaian longgar dan tidak lembap

Pakaian yang berkeringat dan ketat menjadikan kulit lembap. Hal ini merupakan kondisi yang sempurna untuk jerawat muncul, kata Susan Massick, dokter kulit di Pusat Medis Wexner Universitas Negeri Ohio.

Jerawat biasa ditemukan pada kulit yang dalam kondisi hangat dan lembap. Jenis jerawat ini sering salah didiagnosis sebagai jerawat bakteri, akhirnya mengarah pada perawatan yang tidak tepat.

Ganti pakaian yang berkeringat sesegera mungkin

Elizabeth M. Damstetter, asisten profesor dermatologi, Pusat Medis Universitas Rush, menyarankan agar mengganti pakaian yang berkeringat setelah berolahraga agar kulit tidak lembap yang menyebabkan jerawat.

Pastikan untuk mencuci pakaian Anda sebelum memakainya lagi. Karena minyak dan kotoran yang menyumbat pori-pori hingga memicu jerawat.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini