Pentingnya Susu untuk Sarapan bagi Pasien Diabetes

Felix Refialdo Handono, Jurnalis · Rabu 30 September 2020 13:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 30 298 2286114 pentingnya-susu-untuk-sarapan-bagi-pasien-diabetes-6tsSBJHGiF.jpg Susu mengandung vitamin D (Foto: Thinkstock)

Menjaga kadar gula darah agar tetap terkendali adalah tantangan besar bagi setiap penderita penyakit diabetes. Tugas utama untuk menjaga gula darah agar tetap terkendali adalah dengan berhati – hati dalam pola makan dan sering untuk memeriksa kadar gula darahnya untuk menghindari komplikasi.

Studi penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Dairy Science pada 2018, mengungkapkan bahwa mengonsumsi susu saat sarapan menurunkan glukosa darah sepanjang hari.

 susu

Seperti dilansir dari Times of India, dalam penelitian tersebut diperoleh informasi bahwa susu yang dikonsumsi di pagi hari dapat menurunkan kadar glukosa darah postprandial dibandingkan dengan air. Di sisi lain, kadar protein susu yang tinggi menurunkan kadar glukosa darah postprandial dibandingkan dengan kadar protein susu normal.

Makanan berprotein tinggi juga mengurangi nafsu makan setelah makan kedua dibandingkan dengan makanan rendah protein.

Penelitian ini menegaskan pentingnya susu pada waktu sarapan bagi pasien diabetes. Ini membantu pencernaan karbohidrat yang lebih lambat dan membuatnya mudah untuk mengatur kadar gula darah sepanjang hari.

Namun, banyak orang beranggapan bahwa susu tidak sehat untuk penderita diabetes, padahal ini tidak benar. Segala jenis susu bermanfaat bagi pasien diabetes.

Susu kaya akan nutrisi dan mineral yang berperan penting dalam menjaga kesehatan. Hindari menambahkan gula ke susu, sebagai gantinya gunakan madu atau bubuk jaggery untuk hasil terbaik.

Baca juga: Cantiknya Kahiyang Ayu Jadi Peri Bunga, Netizen: Princess-nya Pak Jokowi

Dengan menjaga pola hidup sehat dan mengantur pola makan yang baik, akan membantu menurunkan kadar gula di dalam darah dan juga yang tidak kalah penting untuk selalu berolahraga dalam meningkatkan imunitas tubuh agar tetap sehat.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini