Cegah Obesitas, Hindari Konsumsi Tepung dan Makanan Manis

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 30 September 2020 09:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 30 481 2285946 cegah-obesitas-hindari-konsumsi-tepung-dan-makanan-manis-CUMNE4v8Yv.jpg Ilustrasi obesitas. (Foto: Medical News Today)

PENELITIAN dari salah satu konsorsium riset di Kemenristekdikti didapatkan hasil bahwa risiko terkena covid-19 lebih tinggi bagi mereka yang mengalami obesitas. Selain itu, seseorang yang obesitas kalau sudah terpapar virus corona juga memiliki risiko terjadinya komplikasi.

Associate Professor Departemen Ilmu Kedokteran Dasar Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Dr dr Gaga Irawan Nugraha SpGK, mengatakan obesitas sebagian besar terjadi akibat gaya hidup yang salah. Menurut dia pola makan, aktivitas, istirahat, dan konsumsi yang buruk seperti merokok menjadi salah satu penyebabnya.

Baca juga: Tips Cegah Obesitas agar Tubuh Lebih Tahan Covid-19

"Kalau orang obesitas artinya dia mengonsumsi lebih banyak makanan dari apa yang dibutuhkan tubuhnya. Jadi orang obesitas mengonsumsi makanan yang sebenarnya tidak diperlukan oleh tubuhnya atau bisa dibilang mengonsumsi sampah," terang dr Gaga dalam siaran langsung di BNPB TV, Selasa 29 September 2020.

Ia mengatakan kebiasaan ini yang harus dihindari. Caranya adalah membuang kelebihan makanan agar tidak menyebabkan obesitas. Berdasarkan riset dilakukan dan banyak literatur ternyata yang paling cepat meningkatkan berat badan terutama untuk orang Indonesia adalah karbohidrat sederhana.

Baca juga: Orang Obesitas Rentan Terkena Covid-19, Ini Penyebabnya 

"Jadi orang obesitas sebaiknya hindari gula. Baik gula untuk makanan, makanan yang manis, dan pastery. Pokoknya hilangkan gula, kecuali yang ada di bumbu. Memasak ada gulanya, boleh. Tetapi hindari makanan manis. Kedua adalah gula di minuman seperti softdrink, teh manis, kopi manis, dan sebagainya yang mengandung gula harap hindari," lanjutnya.

Selain yang manis, makanan yang mengandung karbohidrat sederhana adalah yang terbuat dari tepung, baik terigu, kanji atau beras. Semua camilan yang ada saat ini sebagian besar terbuat dari tepung terigu. Inilah yang paling banyak meningkatkan gula darah yang menyebabkan obesitas.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini