Nutrisi Zinc Bisa Bantu Pasien Covid-19 Cepat Pulih, Benarkah?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 30 September 2020 13:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 30 481 2286029 nutrisi-zinc-bisa-bantu-pasien-covid-19-cepat-pulih-benarkah-a6de7e5HS6.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

Gejala Covid-19 mirip dengan flu. Bedanya, Covid-19 dapat merujuk pada kondisi medis yang lebih serius jika penderita memiliki penyakit penyerta.

Banyak masyarakat yang mencari suplemen atau vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh dari serangan virus. Dan jika Anda belum tahu, baik flu maupun Covid-19 disebabkan oleh virus dari keluarga yang sama, yang disebut virus corona.

Jadi, dapatkah zat seng menjadi salah satu kunci untuk memperkuat sistem kekebalan Anda dan membantu pasien Covid-19 cepat pulih?

Sumber Zinc

Melansir Times of India, Sebuah studi yang dirilis pada konferensi Eropa online mengisyaratkan kemungkinan hubungan antara kadar seng dalam darah yang lebih rendah dan kondisi kesehatan yang lebih buruk dari orang dengan Covid-19.

Dr Roberto Fernandez dari Spanyol memimpin penelitian tersebut, yang mengamati orang-orang yang dirawat di rumah sakit dari pertengahan Maret hingga akhir April.

Baca Juga : Adu Gaya Marion Jola Vs Brisia Jodie, Siapa Paling Gemas?

Kadar zat seng puasa pada wanita dan pria ini (rata-rata 611 dan berusia 63 tahun) diambil selama penelitian. Data medis lainnya dan kondisi yang sudah ada sebelumnya juga dipertimbangkan untuk penelitian ini.

Tim peneliti fokus pada sampel hanya 249 pasien termasuk 21 yang meninggal. Tingkat seng pada orang yang selamat jauh lebih banyak daripada orang yang meninggal karena penyakit, masing-masing 63,1 dan 43 mikrogram per desiliter.

Setelah mempertimbangkan semua faktor lainnya, ditemukan bahwa setiap unit peningkatan kadar seng dalam darah pada saat masuk rumah sakit dikaitkan dengan risiko kematian di rumah sakit yang 7 persen lebih rendah.

Tingkat seng yang lebih rendah pada saat masuk di rumah sakit berkorelasi dengan peradangan yang lebih tinggi selama infeksi.

Sumber Zinc

Sebelum Anda mulai membeli vitamin dengan kandungan zat seng, ingatlah bahwa penelitian ini terbatas pada kelompok pasien yang lebih kecil. Menurut para ahli, diperlukan lebih banyak penelitian untuk mendapatkan hasil yang meyakinkan.

Studi ini mengaitkan kadar seng yang lebih rendah pada saat masuk rumah sakit dengan peningkatan risiko kematian pada pasien, tidak membuktikan bahwa satu dapat menyebabkan yang lain. Studi tersebut hanya menunjukkan hubungan antara penyakit dan nutrisi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini