Berbagai Jenis Insulin dan Cara Menggunakannya untuk Pengobatan Diabetes

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 30 September 2020 13:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 30 481 2286139 berbagai-jenis-insulin-dan-cara-menggunakannya-untuk-pengobatan-diabetes-i1nq19CvRn.jpg

Insulin adalah hormon alami dalam tubuh yang membantu mengatur gula darah. Seseorang yang sehat menghasilkan semua insulin yang dibutuhkan tubuhnya. Akan tetapi orang yang menderita diabetes tipe 1 tidak menghasilkan cukup insulin sehingga perlu melakukan injeksi insulin untuk menjaga kadar gula darahnya.

Orang yang menderita diabetes tipe 2 menghasilkan beberapa insulin tetapi tubuh mereka tidak dapat menggunakannya secara efektif. Inilah sebabnya mengapa beberapa orang yang menderita diabetes tipe 2 juga perlu disuntik insulin.

Jika Anda atau seseorang dalam keluarga Anda menderita diabetes, melansir Times of India, berikut ini semua yang perlu Anda ketahui tentang insulin dan jenis terbaik untuk Anda.

Insulin mengontrol jumlah gula dalam darah Anda dengan mengatur konversi glukosa menjadi energi, atau penyimpanan di hati untuk digunakan lebih lanjut.

Saat kita menyantap makanan, tubuh kita mengambil glukosa dari makanan, yang menyebabkan kenaikan kadar gula darah. Ini mengarah pada pelepasan insulin pada individu yang sehat, yang memberi sinyal pada sel Anda untuk menyerap glukosa dan menggunakannya sebagai energi, yang pada gilirannya mengurangi kadar gula darah Anda.

Orang yang menderita diabetes tipe 1 atau tipe 2 perlu melakukan injeksi insulin untuk memfasilitasi proses ini. Hampir 24 persen orang yang menderita diabetes mengonsumsi insulin.

Ada beberapa jenis insulin yang dapat dikonsumsi seseorang tetapi itu tergantung pada seberapa baik tubuh setiap orang menggunakannya dan jenis diet yang mereka ikuti.

Orang yang resisten terhadap insulin atau mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat, perlu mengonsumsi insulin dengan dosis yang lebih tinggi.

Jenis insulin yang berbeda, bervariasi dengan cara berikut:

- Seberapa cepat mereka bekerja

- Berapa lama mereka bertahan

- Waktu puncaknya (waktu paling efektif dalam menurunkan kadar gula darah)

- Bagaimana mereka diambil

 Insulin adalah hormon alami dalam tubuh yang membantu mengatur gula darah.

Baca juga: Pentingnya Susu untuk Sarapan bagi Pasien Diabetes

Kebanyakan orang yang menderita diabetes tipe 1 membutuhkan insulin kerja pendek dan insulin kerja panjang untuk mengendalikan diabetes mereka.

Insulin kerja panjang disuntikkan sekali sehari untuk menyediakan 'batas' cakupan insulin untuk mencegah peningkatan gula darah. Sedangkan insulin kerja pendek disuntikkan sesaat sebelum makan untuk mengatur karbohidrat yang dikonsumsi setiap kali makan.

Orang yang menderita diabetes perlu menyuntikkan insulin beberapa kali sehari. Jika Anda tidak suka menyuntikkan insulin, Anda dapat berbicara dengan dokter Anda tentang pompa insulin.

Pada akhirnya, seorang dokter dan ahli diet dapat menentukan jenis insulin dan alat pengantar terbaik untuk setiap pasien.

Sementara orang yang menderita diabetes tipe 1 perlu mengonsumsi insulin, tetapi kebanyakan orang yang menderita diabetes tipe 2 dapat mengelola kondisi tersebut dengan makan sehat dan membuat perubahan gaya hidup sederhana.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini