Ini Cara Menggunakan Air Rebusan Beras untuk Turunkan Berat Badan

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 30 September 2020 19:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 30 612 2286211 ini-cara-menggunakan-air-rebusan-beras-untuk-turunkan-berat-badan-BUwf8blLx1.jpg Air Beras. (Foto: Times of India)

BANYAK orang memutuskan tidak makan nasi guna menurunkan berat badan mereka. Tapi, sebenarnya ada cara yang lain loh untuk membantu menurunkan berat badan menggunakan beras.

Caranya adalah dengan meminum air rebusan beras sebelum menjadi nasi. Melansir Pink Villa, air yang digunakan untuk memasak beras menjadi nasi bisa membantu menurunkan berat badan.

Cara untuk mendapatkan manfaat tersebut adalah merebus 3-4 gelar air dengan beras hingga mendidih dan diamkan beberapa saat. Namun jangan biarkan semua air meresap ke dalam beras.

timbangan

Ketika air sisa sedikit, tiriskan beras yang telah dimasak. Ambil air rebusan yang masih tersisa untuk diminum. Untuk membuat air rebusan beras yang dikenal dengan istilah Kanji memiliki rasa, tambahkan sedikit garam dan lada hitam bubuk. Minumlah air tersebut selagi hangat satu jam sebelum dan sesudah makan siang.

Air rebusan beras atau kanji secara substansial memiliki sekira 150 kalori sehingga cukup membuat perut kenyang. Dengan begitu, bila biasanya porsi makan siang berkisar 650-1.000 kalori, jumlahnya bisa dikurangi karena sudah merasa kenyang.

Seperti yang diketahui, defisit kalori dapat membantu menurunkan berat badan. Selain itu, nutrisi dalam air beras membantu menurunkan kadar lemak di tubuh yang pada akhirnya juga membuat berat badan berkurang.

Selain menurunkan berat badan, nutrisi dalam air rebusan beras memiliki banyak manfaat kesehatan. Air bisa menjadi tonik penyembuhan karena memberikan energi yang sangat dibutuhkan.

Kanji juga bisa mencegah sembelit dan dehidrasi, bertindak sebagai obat untuk infeksi virus, serta dapat membantu mengatasi diare. Selain itu, air rebusan beras juga bisa dimanfaatkan sebagai masker rambut yang menambah kekuatan dan keindahan.

Tak perlu ragu untuk mengonsumsi air rebusan beras atau kanji. Sebab selama ribuan tahun air tersebut telah digunakan di Jepang dan negara-negara oriental lainnya. Masyarakat di sana turut merasakan manfaat yang sama dari air tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini